Dukung Sensus Pertanian 2023, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Minta Camat, Lurah dan OPD Terkait Kolaborasi Dengan BPS

Guna mendukung Sensus Pertanian 2023, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. meminta kepada Camat, Lurah dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait agar mendukung pengecekan data sensus pertanian melalui kolaborasi bersama BPS (Badan Pusat Statistik) terkait pengecekan data pertanian yang berada di Kota Tebing Tinggi.

"Tolong dicek di wilayah masing-masing supaya pendekatan yang kita lakukan benar-benar sesuai, berkolaborasi dengan BPS (Badan Pusat Statistik)," ujar Pj Wali Kota saat membuka FGD (Forum Group Discussion) Sensus Pertanian 2023 dengan tema "Mencatat Pertanian Indonesia Untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani", Selasa (25/7/2023) di Pondok Bali Lestari Jl. Yos Sudarso No. 97 Kel. Rantau Laban, 

Lebih lanjut dikatakan Pj Wali Kota, agar dapat menentukan jenis pertanian yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga memiliki nilai makna yang tepat sasaran untuk efektifitas pembangunan.

"Dari sekian banyak jenis pertanian mana yang mesti diprospek. Salah satunya, pisang kepok keling kita, bukan hanya branded tapi juga prospek karena tingkat ekonominya tinggi," ujar Pj. Wali Kota.

"Agar perencanaan prospek jenis pertanian dapat ditindaklanjuti. Kami harap data ini tolong dibagi ke kami sehingga harapannya kita mampu lebih fokus dalam merencanakan pembangunan di 35 Kelurahan yang ada di Kota Tebing Tinggi," tambahnya.

Sebelumnya, dalam laporan yang disampaikan Kepala BPS Kota Tebing Tinggi Ir. Ida Suswati, M.Si., bahwa jadwal Sensus Pertanian 2023 dimulai dengan pelatihan petugas lapangan pada 19 Mei 2023, pelatihan petugas pengolahan di 5 Juli 2023, pelaksanaan pengolahan pada bulan Juli sampai September 2023 dan pembahasan pengolahan dan tabulasi pada bulan Oktober sampai Desember 2023.

Dengan petugas Kota Tebing Tinggi di bulan Juni 2023 sebanyak 3 pemeriksa lapangan sensus (koseka), 9 pemeriksa lapangan sensus (PML) dan 39 petugas lapangan sensus. Sementara untuk bulan Juli 2023 ini, 1 pemeriksa lapangan sensus (koseka), 3 pemeriksa lapangan sensus (PML) dan 14 petugas lapangan sensus.

Masih dalam laporan Kepala BPS, target SLS Kota Tebing Tinggi di bulan Juni 2023 ialah 213 dan untuk bulan Juli 2023 sebanyak 19. Sementara untuk progress pendataan telah selesai 93,53 persen atau masih 6,47 persen yang belum selesai,"

"Harapan kami dengan FGD ini kami bisa mendapat arahan, masukan juga saran untuk mensukseskan Sensus Pertanian 2023 bahkan sampai kepada hasil, kandungan dari sisi coverage tercakup semua termasuk juga kontennya," ucap Kepala BPS.

Turut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Gul Bakhri Siregar Kadis Ketapang dan Pertanian Marimbun Marpaung, SP., M.Si., Camat dan Lurah atau mewakili, Kabid Aptika Diskominfo M. Furqon Syahputra, S.STP., M.SP. mewakili Kadis Kominfo, perwakilan OPD terkait dan tim peliputan Diskominfo.