Hadiri Perayaan Paskah Oikoumene Kota Tebing Tinggi Tahun 2023, Pj. Wali Kota Beri Pesan Jaga Persatuan

Menghadiri perayaan Paskah Oikumene Kota Tebing Tinggi tahun 2023, Minggu sore (14/05/2023) di gedung Balai Pertemuan Kartini Jl. Gunung Leuser BP7, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP. berpesan kepada seluruh umat Nasrani untuk menjaga persatuan, menjelang tahun pemilu 2024.

"Saya titip pesan kepada Bapak, Ibu semuanya, mohon menjelang tahun pemilu 2024 dan saat ini sedang dalam tahapan Pemilu, agar menjaga persatuan dan menciptakan suasana kondusif, aman, dan harmonis,” pesan Pj. Wali Kota.

Masih ujar Pj. Wali Kota, sesuai prediksi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), fenomena cuaca panas yang terasa di sejumlah daerah di Indonesia, pun terjadi di Kota Tebing Tinggi.

Menghadapi hal tersebut, Pj. Wali Kota meminta kepada warga Kota Tebing Tinggi untuk berdoa agar Bangsa dan Kota Tebing Tinggi segera keluar dari masalah ini cuaca ektrem ini.

"Hari ini kita sudah terasa suhu panas cukup tinggi sesuai dengan prediksi BMKG. Oleh karena itu, mari kita sama-sama berdoa agar Indonesia keluar dari masalah ini. Selamat merayakan Paskah Oikumene 2023," demikian ujar Pj. Wali Kota.

Melalui momen Paskah Oikumene ini, Kakan Kemenag diwakili oleh Bimas Kristen Kemenag Kota Tebing Tinggi Hardiman Nainggolan, mengungkapkan bahwa Kementerian Agama Kota Tebing Tinggi sedang melakukan konsep moderasi beragama yang saat ini akan mewujudkan kampung moderasi beragama dan ini akan di launching dan melibatkan KUA serta antar pemuka agama dan Tomas Kota Tebing Tinggi.

Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi Iman Irdian Saragih, SE, berharap melalui perayaan paskah Oikoumene ini kerukunan umat beragama dapat terjaga tanpa membedakan suku, ras dan agama.

Sementara, Kapolres Tebing Tinggi AKBP Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.I.K, M.K.P, menyampaikan kegiatan ibadah dan perayaan Oikoumene ini dinamikanya sangat berbeda. Apresiasi turut disematkan Kaporles kepada kepada Pemerintah Kota Tebing Tinggi yang sudah mengakomodir kegiatan perayaan keagamaan di Kota Tebing Tinggi.

"Dengan adanya hari Paskah Oikoumene, kami sangat yakin dalam doa sehingga tahapan-tahapan kegiatan selanjutnya berjalan dengan baik," tutup Kapolres.

Ketua BKAG Kota Tebing Tinggi Pdt. Tohap Eben Ezer Purba, S.Th, menyampaikan bahwa Paskah ini bertujuan menyatukan kita dengan sesuai tema Paskah tahun 2023 ini.

"Melalui Paskah Oikoumene ini semoga Kota Tebing Tinggi ini menjadi rumah yang nyaman bagi kita," ujarnya.

Dalam perayaan, dirangkai dengan pemberian sembako dan bingkisan Paskah secara simbolis dan penyerahan cenderamata.

Adapun Tema Paskah Oikoumene tahun 2023 ini, "Ia Mendahului Kamu Ke Galilea; Jangan Takut" (Bdk. Matius 28 : 7 - 10) dan Sub Tema,
"Melalui Perayaan Paskah Oikoumene Kota Tebing Tinggi Kristus Yang Telah Bangkit Dan Berkuasa Menyertai Serta Membawa Kita Keluar Dari Rasa Takut Dan Kebimbangan".

Turut dihadiri Anggota DPRD Kota Tebing Tinggi Martin M. Hutahaean, Drs. Jonner Sitinjak, Ogamata Hulu, S.H, MH., dan Danramil 13/TT Kapten Inf. Yudi Candra, mewakili Dan Yon B Sat Brimob Tebing Tinggi AKP Lauren S.,  tokoh agama Kristen se-Kota Tebing Tinggidan masyarakat Nasrani se-Kota Tebing Tinggi.