Jaga Kestabilan Harga Bahan Pokok Jelang Idul Fitri 1444 H, Pemko Tebing Tinggi Gelar PPH

Guna menjaga kestabilan harga kebutuhan bahan pokok dan menekan spekulan agar tidak menaikan harga menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM menggelar Pasar Pengendalian Harga (PPH), Senin (17/04/2023) di lapangan Merdeka, Jl. Dr. Sutomo.

Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP hadir langsung bersama Kapolres Tebing Tinggi AKBP. Andreas Luhut jaya Tampubolon, S.I.K., M.K.P., Alvin Z. mewakili Kajari, Sekretaris PN Tegen Mahara S.Kom., S.H., Kepala BNNK AKBP. Alexander Samuel Soeki, S.Sos., M.H., Kompol Leo S. mewakili Kepala Rumkit Bhayangkari, Kapt. Sihombing mewakili Dandim 0204/DS dan Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Zahidin, S.Pd., M.Pd., memantau pelaksanaan pasar pengendalian harga tersebut.

Dikatakan Pj. Wali Kota, stok kebutuhan dan harga bahan pokok aman sampai Idul Fitri, cukup dan bisa terpenuhi. 

"Hari ini kita melakukan operasi Pasar Pengendalian Harga, dengan maksud tujuan agar harga kebutuhan pokok ini stabil. Ini juga merupakan kegiatan intervensi kita agar tidak ada spekulan menaikkan harga barang pokok. Harga pokok per item fluktuatif, seperti daging sapi, namun bawang merah, cabe justru mengalami penurunan harga,"  pungkas Pj. Wali Kota kepada awak media.

Dalam pelaksanaan PPH yang akan berlangsung mulai hari ini hingga esok hari (18/04), disediakan beberapa kebutuhan bahan pokok, antara lain minyak goreng merek Kita @1 liter diharga Rp 13.500, gula pasir @1 kg diharga Rp 13.500, beras medium merek Beraskita @5 kg diharga Rp 45.000 dan beras Danau Toba @5 kg di harga Rp 65.000.

Adapun ketersediaan stok untuk pelaksanaan PPH hari ini, yaitu beras sebanyak 10 ton, gula pasir 500 kg dan minyak goreng 500 liter.

Ditempat dan waktu yang sama, Pemko Tebing Tinggi melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Bank Indonesia juga melaksanakan program penukaran uang pecahan rupiah baru. Hal ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat melakukan penukaran uang pecahan rupiah baru dalam menyambut Idul Fitri 1444 H. 

Penukaran uang yang direncanakan untuk pembagian terhadap sanak keluarga ini diharapkan dapat dibelanjakan yang berguna untuk meningkatkan perputaran ekonomi Kota Tebing Tinggi

Sebagaimana diketahui, masyarakat mempunyai kesempatan untuk menukarkan uang sebanyak Rp. 3.800.000,- (tiga juta delapan ratus ribu rupiah), dengan rincian :
- Pecahan Rp. 20.000 baru senilai 2 juta rupiah
- Pecahan Rp .10.000 baru senilai 1 juta rupiah
- Pecahan Rp. 5.000 baru senilai 500 ribu rupiah 
- Pecahan Rp. 2.000baru senilai 200 ribu rupiah, dan 
- Pecahan Rp. 1.000 baru senilai 100 ribu rupiah.

Pada hari ini, masyarakat yang telah mendaftar pada Aplikasi PINTAR dan berhak untuk mendapatkan penukaran uang sebanyak 900 orang.

Turut mendampingi Pj. Wali Kota, Kapolres Tebing Tinggi AKBP. Andreas Luhut jaya Tampubolon, S.I.K., M.K.P., Alvin Z. mewakili Kajari, Sekretaris PN Tegen Mahara S.Kom., S.H., Kepala BNNK AKBP. Alexander Samuel Soeki, S.Sos., M.H., Kompol Leo S. mewakili Kepala Rumkit Bhayangkari, Kapt. Sihombing mewakili Dandim 0204/DS dan Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Zahidin, S.Pd., M.Pd.