Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2024, Pj. Sekda Kota Tebing Tinggi Hadiri Silahturahmi Forkopimda Bersama Tokoh Masyarakat

Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M. menghadiri kegiatan silaturahmi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama tokoh masyarakat Kota Tebing Tinggi pasca pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Kota Tebing Tinggi, Selasa (20/02/2024), di Aula lantai 4 Balai Kota Tebing Tinggi.

Pada kesempatan itu, Pj. Sekdako menyampaikan rasa syukur atas pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 di Kota Tebing Tinggi yang berlangsung dengan sukses tanpa gangguan yang berarti.

"Kita patut bersyukur bahwa pesta demokrasi 5 (lima) tahunan tersebut berjalan dengan lancar dan aman," ujar Pj. Sekdako.

Lebih lanjut Pj. Sekdako berharap proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 juga dapat berjalan dengan lancar.

"Pekan ini tahapan pemilu memasuki rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat kecamatan yang dilaksanakan oleh panitia pemilihan kecamatan. Kita berharap seluruh tahapan akan berjalan lancar, dan menghasilkan keputusan terbaik yang dapat diterima oleh semua pihak," tambahnya.

Tak lupa, Pj. Sekdako juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Tebing Tinggi.

"Suksesnya pelaksanaan Pemilu tahun 2024 ini tentunya karena dukungan seluruh pihak, mulai dari para penyelenggara, yaitu KPU beserta jajaran dan Bawaslu beserta jajarannya, peserta pemilu, kemudian dukungan pengamanan dari TNI dan Polri, serta dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tentunya karena partisipasi seluruh masyarakat yang ikut menjaga berlangsungnya Pemilu yang lancar, damai dan aman", pungkas Pj. Sekdako.

Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Tebing Tinggi tahun 2024, Pj. Sekdako menyampaikan agar melakukan persiapan yang matang, sehingga proses pelaksanaannya juga dapat berlangsung dengan lancar dan sukses 

"Sebagai sebuah perhelatan besar yang sudah dipersiapkan dengan matang, namun pastinya tetap ada hal-hal yang harus kita evaluasi untuk perbaikan kedepannya, terutama untuk sukses pelaksanaan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tebing Tinggi tahun 2024 yang dilaksanakan 27 November 2024," pungkasnya.

Diakhir sambutannya, Pj. Sekda mengingatkan untuk tetap menjaga suasana yang tetap kondusif, sejuk dan damai.

"Rangkaian Pemilu 2024 akan melalui beberapa tahapan lagi, setelah rekapitulasi di tingkat kecamatan secara berjenjang akan dilakukan rekapitulasi di tingkat kota yang kemudian KPU akan menetapkan hasil pemilu 2024. Untuk itu, kewajiban kita bersama menjaga suasana politik di daerah tetap kondusif, sejuk dan damai. Berbeda pilihan merupakan hal yang lumrah dalam demokrasi, namun persatuan pasca Pemilu merupakan hal yang utama untuk semakin kita kuatkan. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan sehingga pemilu 2024 di Kota Tebing Tinggi ini dapat berjalan aman dan lancar," tutup Pj. Sekdako.

Sementara itu, Ketua KPU Tebing Tinggi Emil Sofyan menyampaikan bahwa ada tiga lembaga penyelenggara Pemilu.

"Yang pertama adalah KPU sebagai lembaga teknis penyelenggaraan seluruh tahapan pemilu, yang kedua adalah Bawaslu sebagai lembaga pengawas, dan terkahir Dewan Kehormatan penyelenggara pemilu sebagai lembaga peradilan etik," jelasnya.

Lebih lanjut, Ketua KPU menyampaikan jumlah personil penyelenggara pemilu di Kota Tebing Tinggi adalah 3800 orang, yang terdiri dari 3600 KPPS, 105 PPS, kemudian 5 orang Komisioner KPU dan kurang lebih 25 orang ASN di lingkungan KPU Kota.

Ketua KPU, Emil Sofyan juga menyampaikan tidak terdapat petugas penyelenggara Pemilu yang meninggal selama melaksanakan tugasnya.

"Perlu kami laporkan penyelenggara Pemilu di Kota Tebing Tinggi tidak ada yang wafat, tapi ada yang tiga orang mengalami sakit," ungkapnya.

Turut serta hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda atau yang mewakili, Tokoh Masyarakat,  Tokoh Agama, para OPD Kota Tebing Tinggi, para undangan dan Tim Peliputan Diskominfo.