Pemko Tebing Tinggi Gelar Rakor Pasca Musrenbang RKPD Tahun 2025

Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Rakor (Rapat Koordinasi) Pasca Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Tahun 2025, Rabu (13/03/2024) di ruang Aula Bappeda, Jl. Delima No. 5 Kelurahan Rambung. 

Hadir Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. didampingi Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., CGCAE dan Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik. 

Dalam arahannya, Pj. Wali Kota mengatakan bahwa acara hari ini untuk mempublish kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya. 

"Maksudnya, pertama, bahwa setiap melaksanakan proses pembangunan pemerintahan, terencana dengan baik. Kedua, berkesinambungan dari waktu ke waktu. Dan ketiga, realistis dengan anggaran yang ada. Itu juga kita jaga, karena waktu kita juga terbatas," ujar Pj. Wali Kota. 

Momentum ini juga, masih ujar Pj. Wali Kota, sangat strategis, memastikan apsirasi masyarakat bapak, ibu dan juga pokok pikiran anggota DPRD.

"Memang ini sudah berproses yang panjang, sudah dipublikasi, terjaring aspirasi. Namun bukan berarti ini tidak bisa dilakukan penyesuaian. Mudah-mudahan ini semudah dikerjakan sehingga kita bisa bersama mempercepat akselerasi yang sudah kita lakukan," ungkap Pj. Wali Kota.

Lanjut Pj. Wali Kota, dalam 4 prioritas pembangunan tahun 2025, tidak semua prioritas bisa dipenuhi, hal ini bukan semata karena uang, terang Pj. Wali Kota, sumber daya yang sangat terbatas. 

Namun tergantung dengan hal lain juga. Misal bahwa yang akan kita bangun benar aset milik pemko. Juga kaitan dengan kesinambungan ada tahapan-tahapan kapan itu dilaksanakan, kapan menunggu dulu. Dengan harapan kita saling mempermaklumkan sesama stakeholder yang ada," kata Pj. Wali Kita. 

Tambah Pj. Wali Kota, Musrenbang sudah sedemikian mudah dan canggihnya, dengan adanya aplikasi E-Musrenbang, membuat semakin efektif dan lebih efisien. Namun, ujar Pj. Wali Kota, bagi masyarakat yang belum memahami aplikasi tersebut, kiranya Kepala OPD maupun para tokoh masyarakat dapat membangun komunikasi. 

"Saya sangat berharap kita semua bisa saling bekerjasama. InsyaAllah kebaikan, makin baik buat Kota Tebing Tinggi. Terimakasih atas perhatian. Wassalamualaikum Wr Wb," tutup Pj. Wali Kota. 

Senada, Pj. Sekdako H. Kamlan mursyid, S.H., M.M., CGCAE menyampaikan seraya menekankan, untuk kolaborasi SKPD, yang mana untuk tahun 2025 dari sekarang, telah kita lihat tentang kesesuaian program kegiatan dan sub kegiatan untuk prioritas utama. 

"Agar supaya jika nanti dievaluasi oleh BPK atau BPKP, tentang perencanaan anggaran, tidak ditemukan lagi hal yang salah dalam proses administrasinya," pinta Pj. Sekdako.

Sebelumnya, dalam laporan Kepala Bappeda mengatakan tujuan dari kegiatan Pasca Musrenbang RKPD 2025 adalah untuk merumuskan hasil Musrenbang RKPD Tahun 2025 agar sejalan dan sebagai penggati RPJPD yang ada. 

Juga, tambah Kepala Bappeda, untuk menginformasikan kepada bapak, ibu stakeholder yang telah dari awal melakukan kegiatan, mulai dari Kelurahan, Kecamatan.

"Hingga akhirnya kita dapat nanti melihat berapa jumlah program kegiatan dan sub kegiatan serta berapa jumlah pendanaan yang dibutuhkan bersumber dari PAD Kementrian, Lembaga dan APBD keuangan provinsi, APBD keuangan Kota Tebing Tinggi dan sumber keuangan lainnya yang sah," urai Kepala Bappeda.

Dengan tema pembangunan 2025 ialah, "Peningkatan Pembangunan Kota Tebing Tinggi Melalui Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas, Peningkatan Infrastruktur dan Penguatan Ekonomi Yang Berkelanjutan". 

Adapun 4 prioritas pembangunan, pertama peningkatan Sumber Daya Manusia, kedua peningkatan dan penataan pembangunan infrastruktur. Ketiga peningkatan ekonomi kreatif dan keempat, pengopimalan reformasi birokrasi. 

Turut dihadiri, Kepala OPD atau mewakili, perwakilan OPD, tokoh masyarakat, tamu undangan dan tim peliputan Diskominfo.