Penilaian Pengelolaan Lingkungan Hidup, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Tinjau Beberapa OPD

Sehubungan dengan penilaian yang dilakukan oleh DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Tebing Tinggi terkait pengelolaan lingkungan hidup, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. melakukan kunjungan peninjauan ke beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Selasa (29/8/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota menyampaikan agar setiap OPD dapat melakukan inovasi dengan mengoptimalkan apa yang dimiliki oleh masing-masing OPD guna meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

"Kunjungan kita ke OPD dalam rangka memastikan pengelolaan dalam penilaian pengelolaan lingkungan hidup. Bahwa masing-masing OPD termotivasi untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup disamping kita memastikan bahwa instansi/ OPD memilki keterbatasan, sehingga barangkali apa yang ada bisa di optimalkan dahulu," ungkap Pj. Wali Kota disela kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Harapan turut disematkan Pj. Wali Kota, melalui kunjungan ini kiranya mendapatkan informasi gambaran nyata di lapangan dan dapat memberikan motivasi bagi Kepala OPD atau Camat untuk semakin meningkatkan kinerja.

"Karena itulah yang bisa kita lakukan ditengah keterbatasan sehingga bisa mendapat manfaat lebih," demikian ujar Pj. Wali Kota.

Melalui kesempatan tersebut, Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Muhammad Fadly mengungkapkan akan tetap berbuat yang terbaik untuk Kota Tebing Tinggi.

"InsyaAllah akan terus kita perbaiki sesuai dengan arahan dari Bapak Pj. Wali Kota," tutup Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Adapun beberapa OPD yang dikunjungi terkait penilaian pengelolaan lingkungan hidup yakni Dinas Perkimtah (Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan) kemudian Kantor Kecamatan Bajenis dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Selain itu, Pj. Wali Kota juga melakukan kunjungan ke Puskesmas Teluk Karang dalam rangka persiapan menuju akreditasi. Kemudian kunjungan dilanjutkan ke TC (Training Center) untuk meninjau kebersihan, serta kelengkapan fasilitas, sarana dan pra sarana yang dimiliki. 

Perlu diketahui, pengelolaan lingkungan hidup yang dikaitkan dengan penilaian Adipura meliputi pengelolaan persampahan perkantoran, dalam memilah sampah dengan menyediakan saran pemilahan sampah, yaitu berupa tong sampah 5 warna serta pembuatan kompos lingkup perkantoran dan kebersihan area kantor.