Penjabat Wali Kota Tebing Tinggi Hadiri Gerakan Sinergi Reforma Agraria di Seluruh Indonesia

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. menghadiri “Gerakan Sinergi Reforma Agraria Di Seluruh Indonesia", Senin (22/04/2024) di ruang Aula Kantor ATR/ BPN Kota Tebing Tinggi Jl. K.L. Yos Sudarso.

Pada kesempatan tersebut, ucapan terima kasih disampaikan Pj. Wali Kota kepada ATR/ BPN Kota Tebing Tinggi dan stakeholder terkait, atas apa yang telah dilakukan kepada pelaku UMKM, khususnya pelaku UMKM lemang “Kak Upik”.

Pj. Wali Kota juga berharap, kiranya apa yang telah dilakukan ATR/ BPN Kota Tebing Tinggi, bisa meningkatkan nilai tambah, nilai ekonomi.

“Dan kami akan dapat mungkin bersinergi. Kami percaya, bahwa kita semua berusaha memberikan yang terbaik. Mudah-mudahan Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjadikannya sebagai bagian dari amal ibadah kita. Lebih kurangnya mohon maaf, Wassalamualaikum Wr Wb,” tutup Pj. Wali Kota.

Sebelumnya, Kakan ATR/ BPN Kota Tebing Tinggi, Yayuk Usoriayi S.H., M.H. mengungkapkan, kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria ini dilaksanakan secara serentak se-Indonesia.

“Izin Bapak Pj. Wali Kota, secara zoom tadi kami sudah mengikuti, yang dipimpin langsung oleh Bapak Menteri ATR/ BPN. Kemudian saat ini kita melaksanakan kegiatan internal. Dalam kesempatan ini kami selaku Kantor Pertanahan Kota Tebing Tinggi mengangkat atau memfasilitasi kepada UKM dalam hal ini pelaku pengusaha lemang,” ungkap Kakan ATR/ BPN Kota Tebing Tinggi.

Adapun yang pihaknya fasilitasi itu diantaranya yang pertama pembuatan label brandingnya, kedua fasilitasi sertifikat halal yang dibantu oleh Kakanwil Kemenag dan jajarannya.

“Kemudian juga kalau zaman sekarang ini segala sesuatunya itu dikemas melalui sosmed (sosial media), jadi kita juga memfasilitasi pembuatan akun sosmed. Jadi harapan kami ke depannya kepada pelaku pengusaha lemang, dalam hal ini lemang Kak Upik, kedepannya semakin berkembang usahanya,” harapnya.

Ditambahkan, pihaknya memilih pengusaha lemang, dikarenakan selain roti kacang, orang umumnya mengenal Kota Tebing Tinggi sebagai Kota Lemang. Dan mengingat bahwa lemang ini belum ada label brand-nya.

“Jadi kita putuskan untuk pengusaha Lemang Kak Upik untuk memfasilitasi. saat ini itu brand-nya dengan pemasaran melalui medsos dan nanti harapan saya juga lemang Kak Upik Ini bisa berdagangnya melalui online. Dengan adanya sosmed yang sudah kita kasih bantu fasilitasi, bisa berkembang dengan baik. Mungkin itu harapan dan usaha kami untuk memajukan atau membantu memajukan pengembangan usaha yang ada di kota Tebing Tinggi ini. Terima kasih, Wassalamualaikum wr wb,” tutup Kakan ATR/ BPN Kota Tebing Tinggi.

Acara dirangkai dengan penggabungan puzzle dalam rangka Gerakan Sinergi Reforma Agraria dilanjutkan penyerahan stiker brand label halal dan akun sosial media kepada pelaku UMKM Lemang “Kak Upik” diakhiri berfoto bersama. 

Adapun tema pada acara ini, “Bersinergi Mewujudkan Cita-cita Reforma Agraria Dalam Upaya Mengurangi Ketimpangan Pemilikan Tanah Serta Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Turut hadir, Kakan Kemenag H. Muhammad David Saragih, S.Ag., M.M., Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Zahidin, S.Pd., M.Pd., pelaku UMKM lemang “Upik” Amiruddin, Kabag Pemerintahan Setdako Ramadhan Barqah Pulungan, S.IP., M.Si., Plt. Kabag Prokopim Faisal Ahmad, S.Ag. dan tim peliputan Diskominfo.