Perwakilan TP2DD Se-Wilayah Kerja KPwBI Sibolga Lakukan Rakor Capacity Building dan Studi Banding di Pemko Tebing Tinggi

Sebanyak 16 perwakilan TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah) se-wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sibolga melakukan Rapat Koordinasi Capacity Building dan Studi Banding TP2DD di Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi, Kamis (16/11/2023) bertempat di Aula Balai Kota lantai 4, Jl. Dr. Sutomo, Tebing Tinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M. mewakili Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si menyampaikan permohonan maaf dari Pj. Wali Kota yang tidak dapat hadir mengikuti kegiatan rakor dan studi banding ini.

"Pj. Wali Kota yang seyogyanya berkenan hadir dalam acara ini, namun disebabkan adanya kegiatan lain maka dengan ini Beliau memohon maaf kepada kita semua," ujar Pj. Sekdako.

Pj. Sekdako mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah, pelaku usaha dan masyarakat secara umum dalam menggerakkan roda perekonomian pemerintah dan untuk pengembangan ekonomi dan keuangan digital.

"Oleh karena itu Pemerintah Kota Tebing Tinggi berupaya untuk melakukan transformasi tata kelola pemerintahan menuju era digital dan pembangunan ekosistem digital," pungkas Pj. Sekdako.

Namun menurut Pj. Sekdako, pada pelaksanaannya tentunya menghadapi berbagai tantangan dan kendala yang membutuhkan komitmen yang kuat dari berbagai pihak atas terlaksananya digitalisasi ini. Selain komitmen bersama dari Pimpinan dan Kepala OPD, juga diharapkan peran serta dan dukungan dari masyarakat.

Oleh karena itu, Pj. Sekdako mengatakan perlunya penyusunan strategi, serta upaya untuk mendekatkan pemahaman ke masyarakat akan manfaat dari Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) sehingga masyarakat mau menggunakan elektronifikasi.

"Namun kami menyadari, bahwa permasalahan ini bukanlah soal kalah dan menang, namun lebih kepada usaha dalam mengoptimalkan pendapatan daerah demi keberlangsungan pembangunan daerah," ujar Pj. Sekdako.

Melalui kegiatan ini, Pj. Sekdako berharap dapat menghasilkan gagasan atau ide yang jelas, sehingga apa yang menjadi harapan dan tujuan bersama dalam kegiatan ini dapat terwujud.

"Melalui forum ini, kita dapat berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik, sehingga bisa menghasilkan gagasan atau ide yang jelas untuk menentukan langkah selanjutnya," harap Pj. Sekdako.

Sebelumnya, Manager Kantor Perwakilan Wilayah BI Sibolga, Andri Dharmawan menyampaikan terima kasih  kepada Pemko Tebing Tinggi yang telah memfasilitasi berjalannya kegiatan ini.

"Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Bapak/Ibu TP2DD se-wilayah kerja Sibolga dan tentunya kepada Pemerintah Kota Tebing Tinggi atas kesetiaan menerima audiensi kita pada hari ini," ucapnya.

Lebih lanjut, Andri Dharmawan menejelaskan bahwa wilayah kerja Bank Indonesia Sibolga terdiri dari 16 kabupaten/kota, yang secara keseluruhan hadir dalam kegiatan ini.

Andri Dharmawan juga berharap kegiatan ini penting untuk dibawa ke daerah masing-masing dalam meningkatkan perekonomian daerah dan untuk pengembangan ekonomi dan keuangan digital.

"Dengan keunikan dan keberagaman wilayah kerja yang ada, keberagaman kota dan kabupaten yang ada, tentunya dengan memahami kembali TP2DD dan apa dari studi banding yang kita laksanakan ini dapat memberikan pembelajaran yang penting buat kita semua untuk dibawa ke daerah masing-masing," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten Direktur Kantor Perwakilan BI Prov. Sumatera Utara, Siti Senorita Pratiningrum, Manager Kantor Perwakilan Wilayah BI Sibolga, Andri Dharmawan, Pimpinan Cabang Pt. Bank Sumut Kota Tebing Tinggi M. Sadli, Perwakilan TP2DD Wilayah Kerja KPwBI Sibolga, Para Kepala SKPD Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Selaku Anggota TP2DD Kota Tebing Tinggi, Anggota TP2DD Kota Tebing Tinggi, dan Tim Peliputan Diskominfo Tebing Tinggi.