Pimpin Rakor Satgas Pangan Kota Tebing Tinggi Tahun 2024, PJ. Wali Kota Ingatkan Satgas Pangan Dan Stakeholder Terkait Untuk Tetap Waspadai Ketahanan Pangan dan Inflasi.

Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) dan Pertanian menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kota Tebing Tinggi Tahun 2024, Kamis (04/04/2024) di ruang Aula Bappeda Jln. Delima.

Hadir Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si., Danramil 13/TT Kapt. Inf. Yudi Chandra dan Kanit 3 Sat Reskrim Polres Iptu. Fernando Feristiwan Sitepu, S.H. mewakili Kapolres.

Dalam rakor tersebut, Pj. Wali Kota mengingatkan kepada Tim Satgas Pangan dan stakeholder terkait, agar tetap memberi kewaspadaan tinggi terhadap kondisi ketahanan pangan dan inflasi.

"Walaupun Kota Tebing Tinggi masih dalam kategori aman dari sisi pengendalian baik dalam menjaga ketahanan pangan maupun inflasi secara umum, namun mohon tetap dijaga kewaspadaan kita terkait pangan",  tegas Pj. Wali Kota.

Selanjutnya dikatakan Pj. Wali Kota, hal yang tidak kalah pentingnya dan untuk menjadi perhatian terkait pangan adalah keamanan, baik terkait kandungan zat berbahaya dan masa kadaluarsa dari pangan itu sendiri.

"Pangan yang kita pantau juga harus diberi keamanannya, baik terkait kandungan-kandungan zat berbahaya, misalnya beras ada pemutih atau kandungan biologis kimiawi yang bermasalah baik saat produksi maupun distribusi", ujar Pj. Wali Kota.

“Termasuk barang yang expired (kadaluwarsa), kita harapkan ini menjadi perhatian, karena kita mempunyai kewajiban, sekaligus untuk memberi edukasi, baik bagi masyarakat maupun pelaku usaha,” lanjut Pj. Wali Kota.

Ucapan terimakasih disampaikan Pj. Wali Kota kepada Tim Satgas Pangan dan stakeholder terkait lainnya, bahwa ketersediaan barang kebutuhan pokok pangan dan pengendalian inflasi di Kota Tebing Tinggi masih dalam on the track (dalam jalurnya).

“Terimakasih banyak sudah berbuat, syukur-syukur bisa ditingkatkan,” demikian ujar Pj. Wali Kota.

Sebelumnya, Kadis Ketapang dan Pertanian Marimbun Marpaung, AP., M.Si. menyampaikan himbauan langkah-langkah menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga di daerah pada bulan puasa Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024, yakni pertama, mengintensifkan pemantauan dan sinergi pengawasan, kedua mengintensifkan optimalisasi intervensi pasar.

Ketiga, memastikan ketersediaan stok dan pasokan komoditas pangan, keempat memastikan kelancaran distribusi pasokan pangan. Kelima, peninjauan dan koordinasi penetapan kebijakan tarif daerah dan keenam,  Moral Suasion ekspektasi terhadap ketersediaan bahan pokok.

Masih dalam laporannya, Kadis Ketapang dan Pertanian mengatakan beberapa ketersediaan komoditi barang kebutuhan pokok, diantaranya beras tersedia sebanyak 2.387,76 ton cukup hingga 59 hari kedepan, cabe merah sebanyak 51,80 ton cukup untuk 44 hari kedepan.

Untuk bawang merah sebanyak 30,3 ton cukup untuk 33 hari kedepan, bawang putih sebanyak 41,7 ton cukup hingga 30 hari kedepan. Daging sapi tersedia sebanyak 128,98 ton cukup hingga 137 hari, daging ayam ras dan ayam buras sebanyak 141,20 ton cukup hingga 38 hari kedepan. Telur ayam ras sebanyak 100,32 ton cukup sampai 29 hari, gula pasir sebanyak 371,30 ton cukup hingga 110 hari kedepan dan minyak goreng sebanyak 135,66 ton kecukupan konsumsi hingga 31 hari kedepan.

Lanjut kadis Ketapang dan Pertanian, Tim Satgas Pangan Kota Tebing Tinggi bersama stakeholder terkait telah melakukan beberapa kegiatan, yakni secara rutin tetap melakukan pemantauan dan pelaporan stok dan ketersediaan serta harga bahan pangan pokok strategis pada kilang padi, grosir, toko sembako, toko retail, minimarket, pasar tradisional dan di tingkat petani pada saat panen guna memastikan bahan pangan pokok strategis tersedia dengan jumlah yang cukup, terjangkau dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Kemudian, melakukan pengawasan dan pemantauan harga bahan pangan pokok penting serta menjaga adanya penimbunan bahan pokok penting. Dan memantau kelancaran distribusi pangan dari kantong produsen, distributor sampai ke pasar agar dapat dijangkau oleh para konsumen.

“Serta penyebarluasan Informasi melalui siaran radio tentang Kesiapan Kota Tebing Tinggi menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H bekerjasama dengan dengan Dinas Kominfo,” urai Kadis Ketapang dan Pertanian.

Turut dihadiri, Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik, Kasatpol PP Drs. Yustin Bernard Hutapea, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.STP., M.Si., Kadisnakerperin Ir. Iboy Hutapea, Tim Satgas Pangan dan TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah), perwakilan OPD dan stakeholder terkait serta tim peliputan Diskominfo.