Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Hadiri Penyaluran Zakat Oleh BAZNAS

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP. menghadiri penyaluran zakat kepada fakir miskin se-Kota Tebing Tinggi yang dilakukan oleh BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Tebing Tinggi, Kamis (13/04/2023) di Masjid Agung Jl. K.L.Yos Sudarso.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota meminta kepada BAZNAS Kota Tebing Tinggi agar mengelola zakat dengan sebaik-baiknya.

"BAZNAS ini bukan hanya mengumpulkan zakat tapi juga pengelola. Mereka (BAZNAS) ini mengelola bagaimana bisa dikembangkan, bagaimana bisa untuk kegiatan yang lain khususnya yang sangat mendesak darurat," ujar Pj. Wali Kota.

Pj. Wali Kota berharap penyaluran zakat tersebut dapat membantu dan menolong umat Muslim yang membutuhkan, khususnya dalam menghadapi hari raya idul Fitri.

"Zakat yang dibagikan BAZNAS ini mungkin belum seberapa atau tidak sebesar yang diharapkan, akan tetapi itulah yang bisa dibagikan oleh BAZNAS Kota Tebing Tinggi, sesuai dari zakat-zakat yang dikumpulkan dan dari infak sedekah dermawan di Kota Tebing Tinggi. Semoga dapat membantu umat Muslim yang membutuhkan, terlebih menghadapi hari raya Idul Fitri ini," pungkas Pj. Wali Kota.

Diakhir, Pj. Wali Kota berpesan kepada masyarakat Kota Tebing Tinggi agar nantinya dalam menyambut Idul Fitri dilakukan dengan kesederhanaan. Hal ini mengingat situasi ekonomi yang masih belum pulih betul dari Covid-19.

“Mari kita sambut Idul Fitri dengan kesederhanaan karena situasi ekonomi kita masih belum pulih betul dari Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, dalam laporan BAZNAS Kota Tebing Tinggi yang disampaikan Ketua Bidang 4 Administrasi dan Humas H. Syahbana, S.Pd., M.M., bahwa pembagian zakat hari ini sebanyak 1.077 paket, dari rencana 1.200 paket.

“Besok rencana kami akan mengumpulkan zakat maal yang ada di Pemerintah Kota Tebing Tinggi. Kami berharap banyak Bapak Pj. Wali Kota untuk menutupi, sehingga terealisasi 1.200 paket tersebut,” harapnya. 

Program kerja BAZNAS Kota Tebing Tinggi turut disampaikan, mulai dari mengumpulkan dan menyalurkan bantuan zakat, kemudian paket bulanan untuk 60 orang setiap bulan dan adanya alokasi dana bergulir sebesar 300 juta rupiah.

“Sampai hari ini setelah kepengurusan periode pertama, sudah 500 orang yang bisa memanfaatkan dana bergulir tersebut. InsyaAllah ini terus bergulir dan kita harapkan terus bertambah. kemudian ada bantuan yang sifatnya accident/ darurat, setelah melihat kemampuan BAZNAS, bisa dibantu kita beri bantuan tak ada satu pun di BAZNAS yang tertutup, kami sampaikan sesuai hak sesuai tertera di program kerja,” ujar Syahbana, S.Pd., M.M.

Acara dirangkai dengan penyerahaan zakat berupa bantuan uang sebesar tiga ratus ribu rupiah secara simbolis oleh Pj. Wali Kota serta dilanjutkan penyerahan secara keseluruhan oleh BAZNAS Kota Tebing Tinggi dan diakhiri berfoto bersama.

Turut hadir Danramil 13/TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, Kakan Kemenag Kota Dr. H. Muhammad David Saragih, S.Ag., M.M., Kaban Kesbangpol Zubir Husni Harahap, Kabag Kesra Aidil, S.E., M.Si., Plt. Kabag Protokol Faisal Ahmad, Ketua BAZNAS Kota H. Khuzamri Amar, S.E. dan Komisioner Baznas, kenaziran Masjid Agung dan masyarakat penerima zakat.