Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Lakukan Penandatanganan Kesepakatan Kerjasama Antar Pemerintah Daerah Kota Anggota Komwil I APEKSI

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. melakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama antar Pemerintah Daerah Kota anggota Komwil I APEKSI sesuai dengan kewenangan daerah, Rabu (14/6/2023) di Marriot Harbour Hotel, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Adapun kesepakatan kerjasama tersebut merupakan hasil Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2023 yang dilakukan dari tanggal 13 sampai dengan 14 Juni 2023.

Raker dibuka oleh ketua APEKSI, Bima Arya, dan ketua Komwil 1 Bobby Nasution, dengan peserta berasal dari 24 kota di 5 provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau. Adapun tema yang diusung dalam Raker Komwil I APEKSI 2023 ini ialah Bersinergi Untuk Peningkatan Investasi dan Pengendalian Inflasi.

Selain menghasilkan penandatangan kesepakatan kerjasama, raker Komwil I APEKSI juga menghasilkan 13 rekomendasi untuk Pemerintah Pusat atas kesepakatan bersama anggota Komwil I APEKSI.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution selaku Ketua Komwil I APEKSI dalam kesempatan itu memberikan apresiasi dan pujian kepada Pemko Batam yang telah mempersiapkan Raker Komwil I APEKSI dengan sangat baik.

"Kota Batam sangat luar biasa, salah satu Raker Komwil terbaik,” ujar Ketua Komwil I APEKSI.

Ditambahkannya, lintas kerjasama ini merupakan satu momentum yang harus disiapkan di daerah. Dimana nantinya kerjasama ini dapat saling mendukung antara kota satu dengan kota lainnya.

“Setiap daerah memiliki keunggulan masing-masing. Tentu ini peluang yang harus kita manfaatkan,” harapnya.

Hal senada disampaikan juga Ketua Dewan Pengurus Pusat APEKSI Bima Arya Sugiarto bahwa Komwil I APEKSI yang diselenggarakan di Kota Batam berjalan sangat baik, sehingga layak dijadikan contoh Komwil lainnya di Indonesia.

“Saya juga bisa sampaikan ini yang terbaik. Raker Komwil serasa Rakernas, karena terkonsep dengan baik. Saya sebagai tamu juga sangat puas,” katanya.

Bima Arya Sugiarto juga memberikan apresiasi ditandatanganinya kerjasama 24 anggota APEKSI. Pihaknya berharap kerjasama ini dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga saling mendukung  daerah satu dengan daerah lainnya.

“Terimakasih Bapak Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Pak Bobby, karena telah menyiapkan Raker Komwil dengan baik,” demikian ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dalam laporannya menyampaikan bahwa saat ini Kota Batam sedang berbenah, mempercantik diri melalui berbagai pembangunan dan peningkatan sarana serta fasilitas untuk memberikan kenyamanan dalam berinvestasi dan berwisata di Kota Batam.

Dihari terakhir, Kamis (15/06/2023), rangkaian acara ditutup dengan penanaman pohon di Dataran Engku Puteri, Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau, sebanyak 30 pohon Tabebuya berwarna biru yang ditanam dan diikuti peserta APEKSI dari 24 kota di Sumatera. Selain itu, kegiatan ini juga diawali dengan senam dan gowes bersama di seputaran Batam Center.

Hasil dari Raker Komwil I APEKSI ini nantinya akan diteruskan untuk selanjutnya menjadi pembahasan pada kegiatan Raker Nasional APEKSI yang akan berlangsung  pada Juli 2023 mendatang di Makassar.

Turut mendampingi Pj. Wali Kota Tebing, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Drs. Bambang Sudaryono dan Kabag Pemerintahan Ramadhan Barqah Pulungan, S.IP., M.Si.