Rutin Setiap Minggunya, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Secara Virtual

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. bersama stakeholder terkait, mengikuti rakor (rapat koordinasi) pengendalian inflasi secara virtual yang rutin dilaksanakan rutin setiap minggunya, Senin (19/02/2024) di ruang Kerja lantai IV gedung Balai Kota Jl. Dr. Sutomo. 

Dipimpin Irjen (Inspektur Jenderal) Mendagri RI Tomsi Tohir Balaw, yang diikuti seluruh Kepala Daerah, Gubernur, Bupati, Wali Kota, Forkopimda dan TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) di daerah masing-masing.

Ditekankan Irjen Mendagri RI dalam rakor, pentingnya menghasilkan keputusan yang dapat disetujui bersama dan dapat dilaksanakan dengan baik.

"Dalam rapat koordinasi ini kita harus menghasilkan suatu keputusan yang kita sama-sama dengar, pertama kita sampaikan ke pimpinan, kedua kita laksanakan," kata Irjen Mendagri RI.

Sementara itu, dalam laporan Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Pudji Ismartini, bahwa secara nasional, kenaikan IPH pada minggu ketiga Februari terus naik dibandingkan minggu kedua dan minggu pertama Februari.

"Cabai merah, daging ayam ras, dan beras menjadi komoditas penyumbang andil terbesar kenaikan IPH untuk 10 wilayah dengan kenaikan tertinggi, sementara beras, cabai merah, dan daging ayam ras menjadi komoditas penyumbang andil terbesar kenaikan IPH untuk wilayah di Pulau Jawa," ungkap Pudji Ismartini.

Dirinya mengingatkan pentingnya menjaga stabilitas harga dan inflasi memang menjadi perhatian utama pemerintah untuk menjaga perekonomian nasional tetap sehat. Semua pihak terkait harus bekerja sama untuk mengendalikan inflasi, terutama dalam menangani masalah kenaikan harga komoditas tertentu.

"Kolaborasi yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan stakeholder lainnya dapat memperkuat upaya dalam mengendalikan inflasi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan harga-harga yang stabil dan terjangkau," tutup Pudji Ismartini.

Turut dihadiri Danramil 13/ TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, Plt. Asisten Ekbang Setdako Ir. Nasrullah, Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik, Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Zahidin, S.Pd., M.Pd., Kabag Pemerintahan Ramadhan Barqah Pulungan, S.IP., M.Si., Agustiar, ST. mewakili BPS, perwakilan instansi terkait, tim Aptika dan tim peliputan Diskominfo.