Buka RAT KOPDIT PNS Pemko Tebing Tinggi Tahun Buku 2023, Pj. Wali Kota Beri Arahan Dukung Usaha Ekonomi Produktif

Membuka Rapat Anggota Tahunan Kopdit (Koperasi Kredit) PNS Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi Tahun Buku 2023 dengan mengusung tema “Kita Tingkatkan Kebersamaan dan Soliditas Usaha Koperasi”, Rabu (06/03/2024) di ruang Aula Hotel Malibou Jl. Jend. Sudirman, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. mengatakan, agar Kopdit PNS Pemko Tebing Tinggi, selain yang sifatnya konsumtif, juga mulai diarahkan untuk mendukung usaha ekonomi produktif, mengingat rekan PNS yang akan masuki pensiun bisa merasa tenang di masa pensiun. 

“Yang penting kita usaha dan punya tekad dan niat, kami harapkan koperasi ini mendukung. Sehingga ketika saatnya nanti kita pensiun, bapak ibu sekalian kita sudah mulai bisa melanjutkan dengan aktivitas lain, ekonomi kita tidak terganggu,” ujar Pj. Wali Kota.

Masih ujar Pj. Wali Kota, pertama kali yang harus dibangun ialah mindset (pola pikir), bukan keterampilan dulu, seraya berharap kiranya koperasi Kopdit PNS dapat menambah pendapatan, mengingat kita sebagai makhluk ekonomi mampu dan mau berusaha selalu ingin bangkit.

“Bagaimana menambah pendapatan kita, melakukan pelatihan mengundang orang disatu tempat. Kalaupun mohon maaf nggak ada tempat karena bayar mahal, mungkin bisa sewa ruang-ruang kecil,” kata Pj. Wali Kota.

Lanjut Pj. Wali Kota, bahwa koperasi bukan hanya mengenai kekuatan modal tapi juga kekuatan orang-orang yang ada berada didalam koperasi itu. 

“Nah ini bisa digabungkan untuk menyikapi perubahan lingkungan strategis kita, bapak/ibu terutama yang punya jaringan kreatifitas bisa memunculkan itu, jangan takut untuk mencoba hal baik. Mari kita,” tutup Pj. Wali Kota. 

Bendahara Puskopdit BK3D Sumut Espon Sihombing, S.E. menyampaikan, bahwa acara ini ialah dimana pengurus memberikan pertanggungjawabannya dalam satu tahun buku 2023 atas kinerja kerja mereka dan memberikan pertanggungjawaban pengawas juga kepada anggota.

“Maka inilah waktunya untuk kita memberikan masukan-masukan yang mendukung untuk menguatkan kita dalam pergerakan Credit Union secara umum koperasi,” terangnya.

Ketua Kopdit PNS Pemko Tebing Tinggi H. Ahmad Kaloko, SE., mengungkapkan bahwa Rapat Anggota Tahunan ini merupakan yang ketiga atas periode kepengurusan 2021-2026.

“Selain pembahasan laporan pertanggungjawaban tahun 2023 ini, kami juga akan menyampaikan berbagai hal dengan macam-macam program organisasi tahun operasional 2024 yang saat ini telah memasuki triwulan pertama," jelasnya.

Pada tahun 2023, diterangkannya, pengurus serta anggota secara aktif telah berperan besar dalam menyikapi perkembangan ketentuan-ketentuan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui Kementerian terkait yang saling bersinergi dengan undang-undang serta peraturan pemerintah yang berhubungan dengan dunia usaha.

“Salah satu peraturan yang harus segera direspon dan dilengkapi koperasi adalah keputusan yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Koperasi dengan Permenkop nomor 8 tahun 2023. Alhamdulillah dengan dengan sikap dan responsif pengurus berkoordinasi dengan instansi Pembina, sehingga dalam waktu relatif singkat terdaftar dalam lembaran negara sebagai suatu badan resmi yang diakui sesuai dengan ketentuan yang tercantum,” terangnya.

Sebelumnya, Muhammad Irfansyah, SE., M.Si. menyampaikan dalam laporannya, Rapat Anggota Tahun Buku 2023 dasar penyelenggaraan didasarkan atas Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 dan Surat Keputusan ketua Kopdit PNS Pemko Tebing Tinggi Nomor 39/Kopdit PNS Pemko Tebing Tinggi/2023 tanggal 6 November 2023.

“Tujuan adalah untuk membaca memahami, mengukur dan mengevaluasi program Kerja Kopdit selama 1 tahun yakni tahun 2023. Apakah usaha-usaha yang dijalankan berjalan lancar, perhitungan hasil usaha yang terdekat terealisasi dan berbagai hal yang menyangkut perkembangannya sasaran penyelenggaraan Kopdit PNS Pemko Tebing Tinggi,” urainya.

Turut hadir Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Zahidin, S.Pd., M.Pd., pengurus dan pengawas CU se-Korwil Tebing Tinggi, anggota Kopdit PNS Pemko Tebing Tinggi, tamu undangan dan tim peliputan Diskominfo.