DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA TEBING TINGGI GELAR SOSIALISASI E-ABSENSI

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tebing Tinggi menggelar sosialisasi penggunaan aplikasi e-Absensi kepada seluruh pegawai ASN dan Tenaga Kontrak Diskominfo Kota Tebing Tinggi di ruangan Command Center Diskominfo Kota Tebing Tinggi, Selasa (21/06/2022).

Kepala dinas Kominfo Kota Tebing Tinggi Dedi Parulian Siagian, S.STP, M.Si saat membuka sosialisasi mengatakan bahwa aplikasi e-Absensi ini merupakan inovasi baru dari Diskominfo Kota Tebing Tinggi khususnya dari Bidang Aptika (Aplikasi Informatika), yang bertujuan untuk membuat sistem presensi pegawai menjadi lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan jaringan internet.

Ditambahkan Dedi Siagian, nantinya Diskominfo akan mengusulkan aplikasi ini kepada Wali Kota untuk menjadi aplikasi e-Absensi yang akan digunakan seluruh OPD di lingkungan Pemko Tebing Tinggi.

Untuk itu, sebelum aplikasi ini diusulkan ke Wali Kota, Dedi Siagian berharap agar aplikasi ini benar-benar siap untuk digunakan tanpa ada kendala lagi dalam penggunaannya. Untuk sementara waktu, aplikasi ini masih dalam tahap uji coba kepada seluruh pegawai di internal Diskominfo, yang mana hal ini bertujuan untuk menerima saran dan masukan dari penggunaan aplikasi tersebut.

"Sebelum aplikasi ini saya sampaikan ke Walikota, saya harap aplikasi ini benar-benar sudah dapat digunakan, tidak ada lagi masalah dalam penggunaannya. Sementara waktu, kita uji coba dulu, jika terdapat kendala ataupun saran dan masukan silahkan sampaikan langsung ke bidang Aptika untuk ditindaklanjuti," ujar Dedi Siagian.

Sementara itu, Kabid Aptika Muhammad Furqon Syahputra, S.STP, M.SP dalam paparannya menjelaskan berbagai fitur dan tata cara penggunaan dari aplikasi ini.

Furqon mengatakan aplikasi ini merupakan aplikasi online yang berbasis Android dan Web Based yang dalam penggunaannya akan merekam titik lokasi keberadaan user (pengguna).

Menurut Furqon, aplikasi ini merupakan aplikasi yang mudah dipahami dalam penggunaannya. Dengan adanya aplikasi ini, Furqon berharap tidak ada lagi kendala dalam melakukan absensi di kantor sebab absensi sudah dapat dilakukan dimana saja.

"Dengan adanya aplikasi ini, teman-teman yang melakukan tugas lapangan ataupun perjalanan dinas tentunya tidak perlu lagi harus balik ke kantor untuk melakukan absensi", jelas Furqon.