Gelar Buka Puasa Bersama, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Pamit Umroh

Memasuki hari ke 5 puasa di bulan Suci Ramadhan 1445 H (Hijriah) dan dalam rangka Safari Ramadhan, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. menggelar buka puasa bersama dan sholat maghrib berjemaah, bertempat di rumah dinas (rumdin) Wali Kota, Jl. Dr. Sutomo, Sabtu sore (16/03/2024).

Pada kesempatan itu, Pj. Wali Kota ijin pamit untuk melaksanakan umroh di tanah suci, dengan keberangkatan pada tanggal 20 Maret 2024, dan direncanakan akan berada di tanah suci selama 10 hari. 

"Ada niat kami sekeluarga, kebetulan hanya bertiga, ini berangkat Insyaallah tanggal 20 Maret yang akan datang. Kami akan menuju ke tanah suci," ujar. Wali Kota. 

Terang Pj. Wali Kota, hal ini bukan semata-mata meninggalkan tanggungjawab, namun merupakan suatu kerinduan dan ketakutan. 

"Bukan untuk meninggalkan tanggung jawab, tapi semata-mata muncul tidak hanya kerinduan tapi juga ketakutan saya, jangan sampai nyawa saya dicabut, saya belum sampai ke Tanah Suci. Itu keinginan dan tanggungjawab saya," terang Pj. Wali Kota. 

Di masa yang terbaik di bulan Ramadhan ini, lanjut Pj. Wali Kota, bersama-sama mendengarkan lantunan ayat suci yang benar-benar indah dan tauziah menjelang waktu berbuka puasa.

"Mudah-mudahan suasana ini menjadi penguat kita untuk seterusnya seperti itu saling menguatkan, saling mendukung saling mengkoreksi karena memang tidak ada manusia yang lepas dari khilaf. Mudah-mudahan mendapat barokah dari Allah SWT," kata Pj. Wali Kota.

Dengan harapan, kiranya Allah menyertai kita sampai akhir Ramadhan dan seterusnya dan kebaikan kedepan untuk masyarakat Kota Tebing Tinggi. 

"Mohon maaf lahir batin. Wassalamualaikum wr wb," demikian ujar Pj. Wali Kota. 

Sementara itu, mewakili dari pemerintah dan masyarakat, Kakan Kemenag H. Muhammad David Saragih, S.Ag., M.M., melalui sambutannya mengatakan, Safari Ramadhan adalah satu rutinitas yang kegiatan-kegiatan dilaksanakan.

“Alhamdulillah bapak Pj Wali Kota dan kita semua masih dapat melaksanakan kesempatan ini,” kata Kakan Kemenag.

Lanjut Kakan Kemenag, terkait rencana Pj. Wali Kota akan melaksanakan umroh, mudah-mudahan perjalanan nantinya dilancarkan oleh Allah SWT.

“Selamat kepada bapak Pj. Wali Kota beserta keluarga nantinya melaksanakan ibadah umroh dan senantiasa diberi kekuatan dalam memimpin di Kota Tebing Tinggi ini, sampai selesai dalam melaksanakan tugas itu. Demikian yang kami sampaikan, mudah-mudahan kita semua diberkahi Allah SWT. Terima kasih atas segala perhatian,” tutup Kakan Kemenag.

Al. Ust. Drs. H. Daulat P. Sibarani dalam tauziahnya berujar, bahwa tujuan ibadah puasa ada dua, pertama meningkatkan ketawaan kita kepada Allah SWT, ketakwaan yang tinggi secara personal.

“Makanya itu Allah menyatakan di ujung ayat Albaqarah 183, la'allakum tattaqun, agar kalian menjadi insan-insan yang taqwa artinya semakin meningkat kuantitas dan kualitas ibadah kita. Itulah insan yang takwa itu,” ujar Al. Ust. Drs. H. Daulat P. Sibarani.

Adapun yang kedua, masih Al. Ust. Drs. H. Daulat P. Sibarani dalam tauziahnya, adalah membentuk ketakwaan secara sosial. 

“Ketakwaan personal kepada Allah tidak cukup kalau tidak dibarengi dengan kesalehan sosial kita antar sesama manusia. Singkatnya hubungan baik kita kepada Allah tidak diiringi dengan baiknya kita antar sesama maka kehidupan kita itu tidak bermakna di sisi Allah SWT,” kata Al. Ust. Drs. H. Daulat P. Sibarani.

Turut hadir, Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., CGCAE, Plt. Asisten Ekbang Ir. Nasrullah, Staf Ahli M. Syah Irwan, S.KM., M.Kes., Kepala OPD dan Kabag di lingkup Pemko Tebing Tinggi, Kakan Kemenag H. Muhammad David Saragih, S.Ag., M.M., tokoh agama dan tim peliputan Diskominfo.