Kota Tebing Tinggi Siap Mencegah Penyebaran Virus Corona

"Tebing Tinggi belum ditemukan adanya indikasi pasien ataupun masyarakat yang terjangkit virus Corona"

Hal ini ditegaskan Plt. Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi M. Dimiyathi, S.Sos, M.TP dalam siaran Talkshow di Radio DIS membahas "Pencegahan Penyebaran Virus Corona di Kota Tebing Tinggi", Kamis (30/01/2020). Lebih lanjut M. Dimiyathi menyampaikan, jika nanti kedepan ditemukan adanya masyarakat terindikasi terinfeksi Virus Corona, jajaran Pemerintah Kota Tebing Tinggi sebenarnya sudah siap baik secara fasilitas pendukung maupun paramedis dalam melakukan penanganan.

Dan dihimbau kepada seluruh masyarakat supaya tidak perlu panik ataupun khawatir dengan issue yang kurang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya terkait penyebaran Virus Corona ini. Masyarakat juga diminta menunda perjalanan ke daerah-daerah terindikasi suspect virus corona, serta meningkatkan perilaku hidup sehat, menjaga kebersihan karena mencegah itu lebih baik, tegasnya.

dr. Nanang Fitra Aulia, Sp. PK selaku Kadis Kesehatan juga menyampaikan hal senada, bahwa masyarakat tidak perlu panik dan tetap mengedepankan perilaku hidup sehat. Masyarakat perlu mengetahui bahwa penyebaran virus corona ini melalui saluran pernapasan dan bisa menyebar lewat hewan seperti ular ataupun kalelawar. Ciri-cirinya seperti menderita demam sampai 38 C, adanya batuk serta sesak napas, tetapi tidak semua pasien dengan ciri-ciri tersebut bisa langsung disebut terkena virus corona, perlu adanya diagnosa lebih lanjut.

Direktur RSKP dr. Yohnly B. Dachan menjelaskan bahwa RSKP sudah mempersiapkan diri didalam melakukan penanganan jika ada masyarakat terpapar penyakit-penyakit yang diakibatkan virus dan bukan hanya virus corona, RSKP sudah menyiapkan adanya ruang isolasi, adanya tim konsultasi. RSKP adalah fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah kota tebing tinggi untuk penanggulangan sementara sebelum dirujuk ke RS yang telah ditunjuk pemerintah yakni RS. Adam Malik.

RSKP dan Puskesmas-puskesmas yang ada di siagakan 24 jam untuk menangani masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan termasuk korban virus corona ini, kalau ada keluhan kesehatan segera periksakan diri untuk mendapatkan penanganan yang tepat, masyarakat juga dihimbau untuk selalu menggunakan masker jika bepergian keluar rumah, karena bisa mengurangi kemungkinan terjangkitnya berbagai penyakit seperti ISPA.

Edi Irawan dari Forum Peduli Masyarakat Sehat (FPMS) Kota Tebing Tinggi mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Pemerintah Kota Tebing Tinggi didalam mencegah penyebaran virus corona ini, masyarakat telah diberikan sosialisasi baik ke sekolah-sekolah, kelurahan, kecamatan dan instansi-instansi tentang apa dan bagaimana cara pencegahan penyebaran virus corona dan penyakit-penyakit lainnya. Dan yang terpenting memang adalah menjaga pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Diskominfo Tebing Tinggi