Kunjungan Rombongan DEPEKO Yogyakarta ke PEMKO Tebing Tinggi

Tebing Tinggi, Rombongan DEPEKO dari Kota Yogyakarta di sambut hangat oleh Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan MM di Pondok Bagelen Jalan Deblot Sundoro  pada Selasa, 13 Februari 2018 sebelum rombongan bertolak ke Danau Toba,Prapat.

“Selamat datang di Kota Tebing Tinggi. Tebing Tinggi merupakan kota kecil yang merupakan kota  Jasa dan perdagangan juga persimpangan dan perlintasan Jalan Lintas Sumatera”. Tutur beliau.

Lebih lanjut beliau juga memperkenalkan kota Tebing tinggi secara singkat. Kota Tebing Tinggi yang dulu merupakan wilayah kerajaan Padang yang berdaulat kepada kerajaan Deli. Kebudayaan Simalungun dan Melayu banyak mewarnai corak masyarakatnya. Kota Tebing tinggi memiliki jumlah penduduk 174.000 jiwa dengan luas 38,38 km2. Terdapat sebanyak 5 kecamatan dan 35 kelurahan, juga di lalui oleh 5 sungai besar antara lain Sungai Bahilang, Sungai Sibarau, Sungai Padang, Sungai Kelembah, dan Sungai Kelembah.

Sebagai kota jasa dan perdagangan , terdapat 6 rumah sakit rujukan  yang melayani masyarakat Kota Tebing Tinggi dan sekitarnya. Masyarakat inalum yang lebih banyak memilih bersekolah dan berbelanja ke Kota Tebing Tinggi dari pada ke ibu kotanya Kabupaten Batu Bara yaitu kota Limapuluh. Terdapat juga beberapa pabrik dan 12000 UMKM yang tersebar di kota ini.

Pada kesempatan ini Walikota tebing tinggi memberikan cenderamata berupa ulos kepada perwakilan DEPEKO dari Kota Yogyakarta.