Pemko Tebing Tinggi Gelar Sosialisasi Penyakit DM dan Gangguan Metabolik Serta Penyakit Kanker Rahim dan Payudara Bagi Masyarakat

Masih dalam memperingati HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke 59 tahun 2023, Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Dinas Kesehatan, menggelar Sosialisasi Penyakit DM (Diabetes Melitus) Dan Gangguan Metabolik Serta Penyakit Kanker Rahim Dan Payudara Bagi Masyarakat, Sabtu (25/11/2023) di gedung Hj. Sawiyah Jl. Dr. Sutomo.

Terkait dengan Hari Kesehatan Nasional Ke-59 ini, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. mengatakan,  perlunya deteksi dini terhadap penyakit menular dan tidak menular, sehingga dapat segera ditindaklanjuti dengan penanganan yang tepat dan benar.

“Ini kalau kita tidak melakukan deteksi dini, tidak melakukan screening dan kita tidak melakukan langkah-langkah untuk menindak lanjuti penanganannya, akan membuat kita semakin beresiko dengan penyakit itu. Jadi saya minta kepada kita semua untuk selalu 'aware',” kata Pj. Wali Kota.

Pj. Wali Kota memberikan tips atau kiat agar terhindar atau minimal dapat meminimalisir kita terkena penyakit.

“Melakukan senam atau olahraga secara teratur, menjaga pola makan, diet dengan gizi seimbang, mengupayakan aktivitas fisik dengan aman, hindari asap rokok, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan mengikuti anjuran dokter. Saya kira hal-hal seperti ini banyak metode, tapi yang kalau kita kerjakan, Insyaallah kita akan semakin aware, semakin peduli,” pungkas Pj. Wali Kota.

Ketua TP PKK dr. Dewi Mustika Syarmadani, M.Kes., MARS., mengatakan perlunya kolaborasi TP. PKK bersama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat dalam mensukseskan kegiatan kesehatan Pemerintahan Kota Tebing Tinggi, salah satunya adalah program kesehatan menurunkan angka kesakitan dan kematian.

“Kita bersama-sama, berkolaborasi untuk mensukseskan semua kegiatan yang ada di Pemerintahan Kota Tebing Tinggi dan program yang ada di PKK, termasuk salah satunya adalah program kesehatan menurunkan angka kesakitan dan kematian, salah satunya yang kita peringati pada hari ini yaitu untuk diabetes melitus dan juga pencegahan kanker rahim," ujarnya.

Ketua TP PKK juga berharap kepada Dinas Kesehatan, agar melakukan screening kesehatan di lokasi pasar-pasar. Hal ini ujar Ketua TP PKK, dikarenakan di lingkungan pasar itu tingkat kebersihannya masih kurang.

“Karena lingkungan pasar adalah lingkungan yang mungkin higienitasnya juga perlu kita tingkatkan dan karena pasar banyak komunitasnya, dari semua usia ada, mungkin bisa kita tingkatkan lagi jangkauannya bersama-sama dengan PKK,” harap Ketua TP PKK.

Sebelumnya, laporan panitia yang disampaikan Plt. Kadis Kesehatan dr. henny Sri Hartati, bahwa kegiatan ini, adalah dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 dengan tema "Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju".

“Dan bertepatan juga dengan Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 November 2023 dengan tema global "Know Your Risk, Know Your Response" dan tema nasional adalah 'Deteksi Dini, Segera Atasi, Cegah Komplikasi',” terang Plt. Kadis Kesehatan.

Masih dalam laporannya, Hari Diabetes Sedunia tahun 2023 merupakan momentum untuk mendorong gerakan deteksi dini secara mandiri baik dilakukan di Posyandu/ Posbindu atau di fasilitas pelayanan kesehatan serta pengobatan diabetes sesuai standar di fasilitas pelayanan kesehatan untuk kualitas hidup yang lebih baik di masa depan.

“Kota Tebing Tinggi telah melaksanakan deteksi dini faktor risiko penyakit PTM (Penyakit Tidak Menular) di institusi, dan yang menderita DM sebanyak 2.874 (84,2 persen) dari target 3.413 orang, untuk penderita kanker serviks sebanyak 2 Orang dan kanker payudara 18 orang,” ungkap Plt. Kadis Kesehatan.    

Adapun tujuan kegiatan ini, lanjut Plt. Kadis Kesehatan, untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang upaya pencegahan dan pengendalian penyakit Diabetes, kanker leher rahim dan payudara.

“Peserta terdiri dari Tim Penggerak PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan, Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari, Ikatan Adhyaksa Dharma Karini, Gerakan Organisasi Wanita dan Persadia Kota Tebing Tinggi. Dengan narasumber kegiatan ini adalah, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tebing Tinggi dr. Dewi Mustika Syarmadani, M.Kes., MARS., dr. Sri Ningsih Lubis, M.Ked (PD), Sp.PD dari RSKP dan Monika Primashiany, Sp.OG dari RSKP,” ujar Plt. Kadis Kesehatan.

Kegiatan turut dihadiri, Kadis P3APM Dra. Sri Wahyuni, M.Si., tamu undangan dan tim peliputan Diskominfo.