Penjabat Wali Kota Tebing Tinggi Bersama Stakeholder Terkait Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Secara Virtual

Bersama stakeholder terkait, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi secara virtual, Senin (10/07/2023) di ruang kerja Balai Kota.

Rakor dipimpin Mendagri (Menteri Dalam Negeri) RI Jend.Pol.purn. Muhammad Tito Karnavian dan diikuti seluruh Gubernur, Bupati/Wali Kota dan Forkopimda serta Satgas Pangan Daerah se-Indonesia dari wilayah masing-masing.

Dalam rakor tersebut, Mendagri menyampaikan bahwa angka inflasi pada bulan Juni 2023 mengalami penurunan pada angka 3,52 persen dalam periode tahun ke tahun.

Namun demikian, walaupun secara periode tahun ke tahun mengalami penurunan, dalam periode bulan ke bulan, mengalami kenaikan dan kenaikan tersebut secara variatif terjadi di daerah.

Atas hal tersebut, Mendagri meminta kepada stakeholder terkait untuk melakukan analisis secara mendalam terkait kenaikan inflasi di daerah serta terus berupaya melakukan upaya pengendalian inflasi sehingga dapat segera diturunkan.

“Secara nasional angka inflasi kita terus menurun, tetapi di beberapa daerah terdapat kenaikan,” ujar Mendagri.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Pudji Ismartini mengungkapkan, kenaikan angka inflasi yang terjadi di beberapa daerah tersebut dipengaruhi oleh naiknya beberapa komoditas bahan pokok seperti cabai merah, daging ayam ras, bawang putih, cabai rawit serta beberapa komoditas lainnya.

Sementara, Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Pangan Nasional, Andriko Noto Susanto menyampaikan, pihaknya bersama dengan stakeholder lain terus berupaya melakukan mitigasi dalam rangka ketersediaan dan stabilisasi pangan seperti melakukan fasilitasi Distribusi Pangan (FDP), penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk pemberian bantuan pangan, melakukan tanam perdana sinergitas dem area pangan, serta terus secara konsisten melakukan pemantauan harga pangan.

Turut hadir mengikuti rakor bersama Pj. Wali Kota, Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Zahidin, S.Pd., M.Pd., Kadis Ketapang dan Pertanian Marimbun Marpaung, SP., M.Si., Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik, Kadisnakerperin Ir. Iboy Hutapea, Kadis BPKPD Sri Imbang Jaya Putra, AP., M.SP., Kepala BPS Ir. Ida Suswati, M.Si. dan Kabag Perekonomian dan SDA Ir. Nasrullah, perwakilan OPD serta tim peliputan Diskominfo.