Penyaluran Kredit Kepada UMKM dan Launching Transportasi Online Serta Infaq Digital

Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM  hadiri kegiatan Business Matching Penyaluran Kredit kepada UMKM dan Launching Program Transportasi Online serta Infaq Digital, Kamis (22/10) di Balai Kota Tebing Tinggi.

Kegiatan dihadiri, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 5 Sumatera Utara Andi Muhammad Yusuf, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut Ibrabim, dan para OPD Kota Tebingtinggi.

Walikota mengatakan, dalam rangka percepatan akses keuangan daerah Kota Tebingtinggi telah dibentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dengan program Business Matching percepatan akses keuangan UMKM melalui optimalisasi penginputan data UMKM calon debitur KUR pada Sistem Informasi Kredit Program (SIKP).

"Program selanjutnya adalah akselerasi pembukaan atau kepemilikan rekening simpanan pelajar dalam rangka mewujudkan One Student One Account (OSOA)," kata Walikota.

Menurut walikota, sebagai upaya mendukung program tersebut maka dilaksanakanlah Business Matching penyaluran kredit pada usaha micro dan kecil, launching program transportasi online dan infaq digital di Kota Tebingtinggi.

Tujuan dari program ini adalah meningkatkan kesempatan masyarakat UMKM dalam mengakses dan memanfaatkan layanan jasa keuangan. Lalu meningkatkan pengetahuan dan rasa aman layanan keuangan serta menambah kualitas pengetahuan produk dan layanan jasa keuangan, katanya.


Launching Mutrans dan Infaq Digital


Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM meresmikan (Launching) Transportasi Online Mutrans (Mudah Transaksi) dan Infaq Digital, Kamis (22/10) sekaligus pada kegiatan Business Matching Penyaluran Kredit kepada UMKM.

Seperti pada hari ini kita akan melounching transportasi online yang diberi nama 'Mutrans'. Mutrans Tebingtinggi merupakan startup transportasi online berbasis lokal yang dikembangkan oleh Pemko Tebing Tinggi," kata Walikota.

Walikota menjelaskan bahwa aplikasi ini dikhususkan bagi becak bermotor yang mencakup layanan antar jemput penumpang, kuliner, UMKM, apotik, toko, E-Warung dan kedepan akan berkembang kelayanan jasa yang lebih luas lagi.  Harapannya dengan kehadiran Mutrans mampu membantu menggerakkan perekonomian masyarakat.

Selain itu lanjut Walikota, seiring perkembangan digital juga berinfaq pun sudah dapat dilakukan dengan cara digital melalui QR Code Indonesia Standart (QRIS) dari Bank Indonesia.

Satu QR Code dapat dipindai oleh seluruh aplikasi yang menyediakan pembayaran dengan QR Code. " Terkadang kita lupa membawa uang tunai untuk ber infaq, jadi saat ini kita bisa ber infaq melalui aplikasi tanpa mengeluarkan uang tunai," Urai Walikota.

Sementara itu, Kepala OJK Regional 5 Sumut Andi Muhammad Yusuf mengatakan, salah satu fokus pemerintah saat ini dalam Nawa Cita pembangunan Nasional, adalah pemerataan pembangunan yang berfokus pada pembangunan hingga ke seluruh daerah.

Salah satunya melalui perluasan akses masyarakat ke sektor jasa keuangan formal, khususnya terhadap pelaku usaha dan masyarakat skala mikro dan kecil, yang selama ini masih termarjinalkan dan belum merasakan manfaat dari sektor jasa keuangan formal secara langsung.

Upaya perluasan keterbukaan akses keuangan dimaksud menurut Andi Muhammad Yusuf, tidak sekedar dengan memastikan ketersediaan akses masyarakat ke layanan dan produk sektor jasa Keuangan hingga ke seluruh daerah. Namun juga mendorong Lembaga Jasa Keuangan, untuk berinovasi menciptakan produk dan layanan jasa keuangan yang inklusif, yakni yang berbiaya terjangkau dan dengan persyaratan serta prosedur yang sederhana, jelasnya.