Peringati Hari Pahlawan Ke-78 Tahun, Pemko Tebing Tinggi Gelar Ziarah dan Upacara

Memperingati hari Pahlawan ke-78 tahun, yang diperingati setiap tanggal 10 November, Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Badan Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) menggelar kegiatan ziarah Makam Pahlawan dan upacara peringatan.

Pagi hari, Jumat (10/11/2023) bertempat di Taman Makam Bahagia, Jln. Taman Bahagia, Kelurahan Tanjung Marulak, digelar ziarah makam Pahlawan. Pada kesempatan tersebut, Dandim 0204/DS Letkol. Czi. Yoga Febrianto, S.H., M.Si. bertindak selaku Inspektur Upacara memimpin jalannya prosesi ziarah. Selepas dari ziarah tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Peringatan Hari Pahlawan, berlokasi di Lapangan Merdeka, Jl. Dr. Sutomo.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. bertindak sebagai Inspektur Upacara, membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini. Peringatan Hari Pahlawan tahun ini mengusung tema "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

“Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata," ucap Pj. Wali Kota membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia.

Lanjut Pj. Wali Kota, Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya, dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok atau diri sendiri.

“Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama serta pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati !,” sambung Pj. Wali Kota.

Masih dalam sambutan Mensos RI, disampaikan Pj. Wali Kota, bahwa semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera. Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” demikian ujar Pj. Wali Kota mengakhiri sambutan Mensos RI.

Seusai rangkaian Peringatan Hari Pahlawan, Pj. Wali Kota mengatakan secara khusus, bagaimana sesuai dengan tema nasional, kita mampu mempercepat menghapus kemiskinan dan kebodohan. 

“Dengan semangat kepahlawanan, kita harap mampu menjaga NKRI, meneruskan pembangunan kita dan lebih dari itu, bahwa ini menjadi sebuah bentuk kepedulian nasional terhadap kondisi kemanusiaan yang ada di dunia saat ini. Dan pahlawan maupun veteran kita, kita fasilitasi dengan lembaga/ OPD terkait, kiranya menjadi motivasi bagi penerus,” tutup Pj. Wali Kota.

Turut dihadiri, Ketua DPRD Kota Basyaruddin Nasution, S.H., M.H., Wakil Ketua II DPRD Kota Iman Irdian Saragi, S.E., Kapolres AKBP. Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.IK., M.KP., Kajari Muhammad Muchsin, S.H., M.H., Ketua PN Cut Carnelia, S.H., M.M., Ketua PA Ridwan Harahap, S.H., M.H., Kepala BNNK AKBP. Alexander Samuel Soeki, S.Sos., M.H., Kalapas Kelas IIB Anton Setiawan, Amd.IP., S.H., M.Hum., Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan Lurah, DHC 45, veteran dan tamu undangan serta tim peliputan Diskominfo.