Perkuat Ketahanan di Masa Pandemi, Pemerintah Dorong Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi Digital

Jakarta, Kominfo -  Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi terus berupaya mendukung ketahanan sektor ekonomi kreatif Indonesia di masa pandemi Covid-19. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan hadir dan memberikan sambutan pada acara Peluncuran Kampanye #PernakPernikUnik dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan secara virtual.

“Produk kriya buatan anak bangsa harus menjadi tuan rumah di Indonesia. Di masa pandemi ini, kolaborasi menjadi solusi pemulihan pertumbuhan ekonomi,” ujar Menko Luhut dalam sambutannya. Melalui Gerakan Bangga Buatan Indonesia, lanjut dia semakin memperkokoh semangat gotong royong dan solidaritas semua pemangku kepentingan dari Jakarta, Rabu (16/09/2020).

Di masa pandemi Covid-19, menurut Menko Luhut keberlangsungan UMKM Indonesia bertumpu pada penggunaan teknologi. Menurut survey BPS, 83 persen UMKM mengakui adanya pengaruh positif dari penggunaan media daring. Oleh karena itu, Kemenko Marves mendorong para aktor UMKM untuk merangkul riset dan teknologi.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo Manuhutu, menambahkan bahwa keberlangsungan ekonomi kreatif Indonesia tidak hanya terbatas pada peran aktor UMKM, namun membutuhkan peran dari seluruh pihak terkait. “Sebagai konsumen, cara paling mudah untuk mendukung UMKM nasional adalah dengan mulai membiasakan diri dalam membeli produk-produk lokal,” pungkas Deputi Odo.

Kampanye #PernakPernikUnik Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia adalah upaya pemerintah untuk memfasilitasi UMKM nasional dalam menghadapi tantangan di masa pandemi melalui teknologi digital. Turut hadir dalam acara ini Menteri Perdagangan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Menteri Koperasi dan UKM.