Pj. Sekda Kota Tebing Tinggi Ikuti Panen Raya Padi Bersama dan Penyerahan Alsintan Dari Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi melalui Pj. Sekdako, H. Kamlan Mursyid, S.H, M.M bersama Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemprov Sumut diwakili Muhammad Zuhaini serta Forkopimda, mengikuti panen raya padi bersama, dan menyaksikan pemberian bantuan Alsintan (Alat dan mesin pertanian) dari Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI kepada Kelompok Tani Kota Tebing Tinggi, Rabu (03/04/24), di Jalan Bangau Kelurahan Bulian Kecamatan Bajenis.

Adapun bantuan Alsintan yang diberikan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI adalah berupa 1 unit alat mesin pertanian Combine Harvester Besar padi Merk INARI RG 118 1, benih padi untuk 50 Ha sawah, 15 unit Hand Sprayer Elektrik TKP HSP2 dan 1 unit Kultivator.

Pj. Sekdako Tebing Tinggi menyampaikan Kota Tebing Tinggi memiliki keterbatasan luas baku sawah hanya 231,97 hektar (ha). Akan tetapi, dengan mengusung konsep urban farming (konsep pertanian perkotaan) dan peningkatan indeks pertanaman melalui program OPIP (Optimalisasi Peningkatan Indeks Pertanaman) Pemko Tebing Tinggi dapat terus mempertahankan pertanian yang ada di Kota Tebing Tinggi.

"Dengan luas sawah yang terbatas tersebut, kita (Pemko Tebing Tinggi) dapat mempertahankan pertanian yang ada di Kota Tebing Tinggi dengan cara mengusung konsep urban farming (konsep pertanian perkotaan), serta berupaya dan menggalakkan indeks pertanaman dari 2 sampai 3 kali pertanaman dalam satu tahun atau 3 sampai 4 kali pertanaman dalam satu tahun dan memiliki irigasi teknis dan tada hujan", jelas Pj. Sekdako.

Melalui bantuan Alsintan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI ini, Pj. Sekda berharap dapat meningkatkan pendapatan petani dan upaya percepatan untuk kemudahan dalam proses panen padi di area persawahan, sehingga mutu gabah padi yang dihasilkan lebih baik.

"Dengan bantuan ini semoga dapat meningkatkan produktivitas padi di Kota Tebing Tinggi dan semoga pembinaan yang dilakukan kepada para petani tetap berjalan dengan baik dan berkelanjutan, serta program-program pemerintah dapat terus berkembang untuk meningkatkan kesejahteraan petani", ujar Pj. Sekdako. 

Pj. Sekdako juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemprov Sumut atas bantuan dan partisipasinya dalam memajukan kelompok Tani di Kota Tebing Tinggi.

"Mudahan-mudahan apa yang telah dibuat oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi, dapat bermanfaat bagi kemajuan perekonomian di Kota Tebing Tinggi,” ucap Pj. Sekdako.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Provinsi Sumatera Utara Muhammad Juani mengatakan Pemko Tebing Tinggi harus berbangga, karena untuk Provinsi Sumatra Utara, hanya Kota Tebing Tinggi yang mendapatkan bantuan alat panen padi jenis Combine ini dari Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI.

Menurutnya, penyebab inflasi termasuk salah satunya adalah beras, namun akan dilakukan upaya kongkrit dalam mencegah terjadinya inflasi, salah satu cara adalah mengusahakan alat panen Combine padi khusus Kelompok Tani Kota Tebing Tinggi.

“Combine padi ini bukan hanya milik satu kelompok, namun kelompok tani lainnya boleh menggunakannya. Mudahan-mudahan alat ini dapat membantu dalam meningkatkan produktivitas pangan di Kota Tebing Tinggi,” tegasnya.

Sebelumnya Kadis Pertanian Kota Tebing Tinggi, Marimbun Marpaung mengatakan, kegiatan panen padi bersama ini adalah kegiatan yang sangat baik, karena dengan adanya lahan persawahan, kebutuhan beras untuk masyarakat Kota Tebing Tinggi dapat terpenuhi.

Kadis Pertanian juga mengatakan Alsintan yang diberikan merupakan bantuan dari Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI tahun anggaran 2024, kepada kelompok tani sebagai program Optimalisasi Peningkatan Indeks Pertanaman (OPIP), dan berharap Alsintan ini dapat memacu semngat para petani dalam meningkatkan produktivitas ketahanan pangan.

“Combine padi yang akan diberikan kepada kelompok Tani Mandiri, boleh dipinjam pakaikan kepada kelompok tani Kota Tebing Tinggi lainnya. Kami berharap dengan adanya alat panen padi yang diberikan ini dapat membuat petani lebih semangat, dalam meningkatkan produktivitas ketahanan pangan,” ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan combine padi dan pelaksanaan panen raya padi bersama dengan alat Combine Harvester besar.