Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Apresiasi Kader Posyandu, Miliki Peran Strategis Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi, Dr. Moettaqien Hasrimi, S.STP, M.Si. mengapresiasi peran ibu-ibu kader Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Kota Tebing Tinggi dalam melakukan pelayanan kesehatan masyarakat.

Hal ini disampaikan Pj. Wali Kota Tebing Tinggi didampingi Pj. Ketua TP PKK Kota Tebing Tinggi, dr. Dara Caprina Moettaqien saat rapat koordinasi dan penyerahan insentif bagi kader Posyandu Kecamatan Rambutan dan Kecamatan Tebing Tinggi Kota di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) di Jalan Gunung Dempo No.17 Kota Tebing Tinggi, Kamis (25/07/2024).

Menurut Pj. Wali Kota, kader Posyandu memiliki peran yang sangat strategis dalam membantu Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi menjalankan program-program kesehatan, terutama dalam kesehatan ibu dan balita serta menekan angka stunting.

"Kader Posyandu merupakan relawan sekaligus pahlawan dibidang kesehatan dalam masyarakat, terutama kesehatan ibu dan balita. Kader Posyandu juga memiliki peran penting dalam membantu tenaga kesehatan memberikan penyuluhan kesehatan, pemantauan pertumbuhan anak, serta pencegahan dan penanganan masalah kesehatan terhadap ibu dan balita," ungkap Pj. Wali Kota.

Dalam kesempatan itu, Pj. Wali Kota menekankan pentingnya bagi kader Posyandu agar memastikan mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam melaksanakan tugasnya.

"Kami yakin kader Posyandu dapat terus mendukung dan memperkuat upaya pemerintah dalam mencapai tujuan kesehatan yang lebih baik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt.) Kadis P3APM Drs. Nasib Pujianto menjelaskan peran dan tugas kader posyandu adalah melakukan penyuluhan tentang pola asuh balita agar anak tumbuh sehat, aktif, cerdas dan tanggap.

"Sasarannya adalah seluruh masyarakat, utamanya bayi, anak balita, ibu hamil, ibu melahirkan, ibu nifas, ibu menyusui dan pasangan usia subur," jelasnya.

Turut serta hadir, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.STP., M.Si., Kabag Pemerintahan Setdako Ramadhan Barqah Pulungan, S.IP., M.Si., Anggota TP PKK, seluruh Kader Posyandu Kecamatan Rambutan dan Kecamatan Tebing Tinggi Kota, serta Tim peliputan Diskominfo.