PJ. Wali Kota Tebing Tinggi Buka Sosialisasi Tata Cara Sembelih Hewan Kurban

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. membuka acara Sosialisasi Tata Cara Penyembelihan Dan Pembagian Daging Hewan Kurban Secara Syariat, Sabtu (24/06/2023) di ruang Aula Kantor Kemenag Kota Jl. Pendidikan No.4.

Pj. Wali Kota mendukung kegiatan yang diinisiasi oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Tebing Tinggi bekerjasama dengan Pemko Tebing Tinggi dan Kemenag Kota ini.

"Bagaimana fiqihnya diterapkan termasuk dalam pembagiannya. Kadang kita temui dilapangan secara fiqih nya ketemu semakin hari semakin bijak sehingga ibadah bernilai sosial jadi menyenangkan di masyarakat. Bagaimana adab hewan kurban yang untuk disembelih, yang untuk dipelihara saja ada adabnya," urai Pj. Wali Kota.

Pj. Wali Kota meminta untuk menurunkan ilmu adab itu dan agar apa yang dikerjakan hari ini dibuat dokumentasi virtual atau video kegiatannya sehingga ada tuntutan sebagai bahan belajar yang dapat diakses kapan saja.

"Apa yang kita kerjakan ini ada tuntunan virtual, video yang bisa tinggal akses. Ada bentuk elektronik yang bisa dilihat kapan pun dan dimanapun, disampaikan dalam tuntunan virtual. InsyaAllah ini menambah pahala amal dan ibadah bapak, ibu sekalian," kata Pj. Wali Kota.

Kepada Dinas Lingkungan Hidup (LH), Pj. Wali Kota meminta agar saat penyembelihan dan pembagian hewan kurban nantinya, untuk tidak menambah sampah, utamanya sampah plastik yang akan sulit terurai nantinya.

"Jangan sampai menjadi sampah nanti di sungai. Banyak hal bisa kita sampaikan melalui forum ini. Kami percaya hal ini bisa kita wujudkan bersama,"

"Untuk keberkahan pada acara pada hari ini, mari kita sama membuka dengan bacaan Basmallah Bismillahirrohmanirrohim, semoga Alah SWT selalu memberi rahmah hidayahNya kepada kita," tutup Pj. Wali Kota.

Diungkapkan Ketua Umum MUI Kota Tebing Tinggi Drs. Akhyar Nasution bahwa MUI Kota Tebing Tinggi banyak sekali mendapat masukan, dalam pelaksanaan kurban termasuk penyembelihan dan pembagiannya, sehingga akhirnya MUI Kota Tebing Tinggi membuat acara sosialisasi ini. 

Ketua Umum MUI Kota Tebing Tinggi mengungkapkan acara ini sangat bermanfaat dalam memperoleh ilmu fiqih syariah tentang penyembelihan. 

"Oleh sebab itu kami berharap dalam pelaksanaan kurban nanti tidak terjadi perselisihan antara masjid dan kelompok masyarakat itu sendiri. Mudah-mudahan kita semua sehat dan acara hari ini dapat berjalan sukses dan para peserta bisa mengambil ilmu," tutup Ketua Umum MUI Kota.

Turut dihadiri Kakan Kemenag Kota dr. Muhammad David Saragih, S.Ag., M.M. dan jajaran Pengurus Harian MUI Kota Tebing Tinggi serta peserta dari perwakilan panitia penyembelih hewan kurban.