Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Hadiri Raker Komwil I APEKSI

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. bersama Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Drs. Bambang Sudaryono dan Kabag Pemerintahan Ramadhan Barqah Pulungan, S.IP., M.Si., menghadiri Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Raker Komwil I Apeksi) Tahun 2023, Selasa (13/06/2023) di Kota Batam, provinsi Kepulauan Riau.

Peserta berasal dari 24 kota besar di 5 provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepri (Kepulauan Riau).

Adapun tema yang diusung dalam Raker Komwil I APEKSI 2023 ini ialah "Bersinergi Untuk Peningkatan Investasi dan Pengendalian Inflasi".

Dalam Malam Ramah Tamah, yang dilangsungkan di Batam Marriot Hotel Harbour Bay, Selasa (13/06/2023), Wali Kota Batam H. Muhammad Rudi, S.E., M.M. dalam sambutan mengucapkan selamat datang bagi para peserta, Wali Kota beserta jajaran di Kota Batam. Seraya berharap kiranya melalui kegiatan ini menghasilkan kerja sama antar daerah dalam sektor investasi dan pengendalian inflasi, yang mana dampak akibat pandemi Covid-19 sangat di rasakan di seluruh wilayah Indonesia.

“Antara lain terjadinya peningkatan inflasi dan tergerusnya tingkat pertumbuhan ekonomi, baik di daerah maupun nasional,” kata Wali Kota Batam.

Diungkapkan Wali Kota Batam, melalui Raker Komwil I APEKSI ini akan terjalin kesepakatan antar Pemerintah Daerah Kota Anggota Komwil I APEKSI guna bersinergi saling memberikan manfaat terutama dalam meningkatkan investasi daerah dan pengendalian inflasi.

“Pada saat Raker Komwil I Apeksi Tahun 2023 nanti akan dilaksanakan penandatangan Kesepakatan Bersama antar Pemerintah Daerah Kota Anggota Komwil I APEKSI,” ujar Wali Kota Batam.

Kesepakatan bersama diharapkan dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan ketahanan dan kekuatan pembangunan daerah dalam menghadapi perbaikan ekonomi berdasarkan atas potensi daerah, kondisi sosial, UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), investasi dan sumber daya daerah.

"Implementasi dari rencana kesepakatan bersama ini akan dibahas lebih dalam melalui Forum Bisnis yang melibatkan para pelaku usaha," ungkap Wali Kota Batam. 

Ditambahkan Wali Kota Batam, Pemerintah Kota anggota-anggota Komwil I APEKSI dapat mengikutsertakan pihak Kadin dan atau pelaku usahanya dalam acara forum bisnis di Kota Batam.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Batam turut mengajak semua lapisan masyarakat menyambut baik kegiatan ini demi kemajuan daerah.

“Kami berharap seluruh peserta dapat mengikuti semua rangkaian acara Raker Komwil I APEKSI ini dengan baik dan mendapatkan suasana yang kondusif serta nyaman selama berada di Kota Batam, sehingga berkeinginan kembali berkunjung ke Kota Batam pada lain kesempatan,” harap Wali Kota Batam.

Rangkaian kegiatan Raker Komwil 1 Apeksi di Batam ini dimulai dengan Malam Ramah Tamah. Kemudian pada hari Rabu (14/06/2023) dilaksanakan Raker Komwil 1 APEKSI bertempat di Batam Marriot Hotel Harbour Bay pada pukul 08.00 WIB.

Dilanjutkan Forum Bisnis dengan mendatangkan narasumber dari Nongsa Digital Park (NDP), Batam Aero Teknik (BAT), Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Harlas Buana dan melibatkan para pengusaha antara lain HKI, BSOA, Apindo, Batam S’pore Club, Batam Japan Club, Korea Business Club.

Di lain lokasi, masih ditanggal yang sama (14/06/2023), juga digelar Ladies Program bertempat di SwissBell Hotel Batam pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini akan dilakukan dengan mengunjungi Stand Dekranasda Batam di Area Ballroom Swissbell Hotel Harbour Bay dan Joget Dangkong bersama. Pada malam harinya, akan digelar Kenduri Seni Melayu di Lapangan Parkir Harbour Bay pukul 19.30 WIB.

Rangkaian Raker akan ditutup dengan kegiatan Olahraga Bersama dan Penanaman Pohon pada hari Kamis (15/06/2023) di Dataran Engku Putri pukul 06.00 WIB.