Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Ikuti Virtual Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023, di ruang kerja Wali Kota gedung Balai Kota, Senin (12/06/2023).

Rakor tersebut dipimpin Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Jend.Pol.(Purn.) Muhammad Tito Karnavian dan diikuti Kepala Daerah bersama Forkopimda serta TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) di wilayah masing-masing. 

Dalam arahannya, Mendagri RI menyampaikan data rilis dari Badan Pusat Statistik (BPS) tanggal 5 Juni 2023, dimana kondisi inflasi bulan Mei 2023 (y-on-y), tingkat inflasi tahunan mengalami penurunan. Perkembangan inflasi tahun ke tahun  yakni Mei 2023 terhadap Mei 2022 yakni 4,00 persen.

Menurut Mendagri RI, ada beberapa yang memerlukan atensi supaya dapat dikendalikan karena di atas nasional. 

Untuk tingkat provinsi diantaranya Provinsi Maluku di angka 5,06 persen, Kota Ternate di angka 5,71 persen dan Kabupaten Sumenep Jawa Timur di angka 5,44 persen", ujar Mendagri RI.

Sementara, Direktur Statistik Harga BPS Windhiarso P.A. Putranto dalam paparanya terkait indeks perkembangan harga sampai dengan Minggu kedua Juni 2023 menjelaskan, inflasi masih menunjukan ke arah yang lebih baik.

Bahwa inflasi bulan ke bulan yakni Mei 2023 terhadap April 2023 di angka 0,09 persen, Inflasi tahun ke tahun yakni Mei 2023 terhadap Mei 2023 di angka 4,00 persen dan Inflasi Tahun kalender yakni Mei 2023 terhadap Desember 2023 di angka 1,10 persen.

Namun demikian tetap perlu diwaspadai terkait dengan inflasi di kelompok makanan, minuman dan tembakau dimana kelompok ini memberikan andil baik month-to-month (m-t-m) maupun year-on-year (y-o-y) yang relatif tinggi”, ujar Windhiarso.

Dijelaskan, komoditas penyumbang utama kenaikan Indeks Perkembangan Harga (IPH) di sejumlah kabupaten/kota sampai dengan Minggu pertama Juni 2023 adalah daging ayam ras, telur ayam ras, cabai merah dan cabai rawit.

Dengan komoditas penyumbang utama penurunan IPH di sejumlah kabupaten/kota sampai dengan Minggu Pertama Juni 2023 adalah bawang merah, cabai rawit, beras dan cabai merah.

Turut mendampingi Pj. Wali Kota secara virtual, Plt. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Gul Bakhri Siregar, Ipda R. Saragih mewakili Kapolres, Serma AR. Lubis mewakili Danramil 13/TT, Kepala Bappeda, Kadis Sosial, Kadis Perhubungan, Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM, Kadis Ketenagakerjaan dan Perindustrian, Kepala BPS dan perwakilan Perum Bulog, perwakilan Kadin, Kabag Perekonomian dan SDA, Kabag Pemerintahan, perwakilan Dinas Ketapang dan Pertanian serta perwakilan Dinas Kominfo.