Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Kunjungi Lokasi WTP 2 IPA PDAM

Menindaklanjuti aspirasi warga terkait kurangnya pasokan debit air ke rumah warga, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. didampingi Kadis PUPR Reza Aghista, S.E., M.Si. melakukan kunjungan lapangan ke lokasi WTP (Water Treatment Plant) 2 IPA (Instalasi Pengolahan Air) milik PDAM (Perusahaan Dinas Air Minum) Tirta Bulian di jalan Kutilang, Kec. Bajenis.

Dalam kesempatan itu, dikatakan oleh Pj. Wali Kota, maksud kunjungan tersebut sebagai tindaklanjut dan merespon sejumlah pendapat di masyarakat terkait berkurangnya debit air yang diterima warga.

"Kita ingin mengetahui ada sebab apa,ternyata dari hasil peninjauan kita ke lapangan memang produksi air baku berkurang dikarenakan musim kemarau. Kedua, posisi peralatan kita kurang dalam posisi ideal dan yang ketiga, karena ada proses pembangunan (intake dan prasedimentasi)," ungkap Pj. Wali Kota.

Atas hal tersebut, Pj. Wali Kota memastikan bahwa semua masih dalam progres yang sesuai dengan rencana kerja.

"Karena selama ini permasalahan air kita karena pipa yang kotor, sementara untuk membersihkan pipa harus ada air yang banyak untuk memberikan tekanan yang tinggi. Nah ini baru bisa kita lakukan kalau pekerjaan itu selesai (bangunan intake dan prasedimentasi)," jelas Pj. Wali Kota.

"Minimal jangka pendek ini, kita bisa memenuhi kebutuhan warga Kota Tebing Tinggi akan air yang bersih dan layak dikonsumsi," sambungnya.

Sementara Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera, Syafriel Tansier mengakui adanya kendala mengenai lahan yang memang betul harus menyiasati pembangunan ini (bangunan intake dan prasedimentasi).

"Ternyata saat proses, ini berdampak dengan pembangunan ini. Sehingga nanti tentunya kami akan mengembalikan posisinya. Hal ini akan kami perbaiki sekaligus kegiatan ini akan menambah kapasitas produksi PDAM untuk bisa lebih maksimal melayani masyarakat," ujar Syafriel Tansier. 

Turut hadir Direktur PDAM Tirta Bulian atau mewakili beserta Direksi dan jajaran pegawai di lingkup PDAM Tirta Bulian.