Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Narasumber Forum Komunikasi Sosial Bidang Politik Dalam Negeri

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si., menjadi salah satu narasumber dalam Forum Komunikasi Sosial Bidang Politik Dalam Negeri yang digelar oleh Direktorat Politik Dalam Negeri, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di gedung Hj. Sawiyah Jl. Dr. Sutomo, Rabu (21/06/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si., mengatakan bahwa forum komunikasi ini sebagai bentuk kebersamaan dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada.

"Karena ini adalah transisi kekuasaan dan kita ingin menutup berbagai macam kekurangan. Kesbangpol menjadi koordinator di daerah memfasilitasi bagi penyelenggaraan Pemilu," ucap Pj. Wali Kota.

Sejalan dengan itu, Pj. Wali Kota berharap kepada narasumber dalam forum ini, dapat menyampaikan permasalahan yang ada dan bagaimana menyongsong Pemilu tahun 2024 supaya lebih baik, lebih demokrasi dan melahirkan pemimpin-pemimpin yang menaungi kita bersama. 

"Kami harap kepada para tokoh, bisa melakukan edukasi ini lebih awal. Apapun ini, kami mohon bantuannya, kita bisa nanti bertukar pikiran, bisa memberi ide segar termasuk berdiskusi ketika ada masalah, sehingga pemilu aman sentosa benar bisa kita wujudkan," harap Pj. Wali Kota.

Sementara, Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri Rahmat Santoso mengungkapkan bawah penyelenggaraan forum komunikasi ini di Kota Tebing Tinggi, menunjukkan bahwa negara hadir dan ingin berkomunikasi dalam segala hal.

"Kita paham betul sebuah demokrasi adalah yang paling inti. Memang konteks kita untuk Pemilu kecil, namun kita ingin menjaga marwah demokrasi itu sendiri, apalagi menjelang Pemilu dan Pilkada serentak di tahun 2024," ujarnya.

Diungkapkan Rahmat Santoso, bahwa kelemahan dari sebuah demokrasi itu adalah kuantitas yang mengalahkan kualitas. 

"Kelemahan demokrasi adalah pembajakan partisipan, bisa diantaranya berupa mobilisasi untuk kepentingan tertentu. Bagaimana kemudian kita menjaga kemurnian partisipan yang bermuara kemurnian demokrasi secara substantif," ujarnya.

Kasubdit Fasilitasi Partai Politik Kemendagri Dedi Taryadi, S.E., M.Si. selaku panitia melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh Direktorat Politik Dalam Negeri dalam rangka meningkatkan pemahaman politik dalam negeri. 

Dengan tujuan meningkatkan pemahaman pengetahuan bidang politik dalam negeri di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara dan dalam rangka mensukseskan pemilu serentak tahun 2024.

"Peserta yang hadir pada kesempatan ini adalah para tokoh agama yang ada di Kota Tebing Tinggi, para Kepala Badan Kesbangpol se-Sumatera Utara atau yang mewakili, mahasiswa, unsur pemuda serta media cetak yang ada di Kota Tebing Tinggi," kata Dedi Taryadi, S.E., M.Si.

Narasumber pada kegiatan ini ialah Pj. Wali Kota Tebing Tinggi, Ketua KPU Provinsi Sumut, Kepala Kesbangpol Provinsi Sumut dan Dekan FISIP USU (Universitas Sumatera Utara). Dalam forum komunikasi ini turut ditampilkan produk kuliner dan kerajinan tangan dari UMKM Kota Tebing Tinggi.

Turut dihadiri Kaban Kesbangpol provinsi Sumut atau mewakili, Kaban Kesbangpol Kota Tebing Tinggi Zubir Husni Harahap, S.H. dan Kaban Kesbangpol se-provinsi Sumut atau mewakili, Ketua KPU provinsi sumut Herdensi, S.Sos., M.SP., Dekan Fisip USU Dr. Hatta Ridho, S.Sos., MSP., organisasi kepemudaan dan tamu undangan.