pmjnews.com, Senjata Baru Perangi Hoaks di Era Digital

Jakarta, Kominfo - Polda Metro Jaya kini menerapkan terobosan baru dalam melawan penyebaran berita bohong atau hoaks. Lewat portal media online baru pmjnews.com Polda Metro Jaya menargetkan bisa memberikan informasi dan edukasi secara cepat, tepat dan akurat kepada publik. “Tujuan diluncurkannya pmjnews.com ini untuk menangkal dan melawan berita bohong atau hoaks yang kini begitu masif dan sangat berpengaruh negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa”, ujar Kapolda Metro Jaya Idham Azis saat peresmian portal di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (15/11/2018).
 
Menurut Idham, banyak masyarakat tidak memiliki pengetahuan dan sumber yang cukup untuk membedakan informasi atau berita yang benar berdasarkan fakta atai tidak. Oleh karena itu, ia menghadarpkan pmjews.com menjadi media rujukan pemberitaan media mainstream sesuai dengan fakta dan data yang akurat dari sumber terpercaya di Polda Metro Jaya.
“Kita sangat memperhatikan perkembangan informasi terutama dari media sosial yang banyak sekali peredaran informasi hoaks. Beredarnya berita hoaks yang semakin ganas saat itu pun telah menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat dan dianggap sebagai informasi atau berita yang benar adanya. Berangkat dari keprihatinan inilah, pmjnews kita harapkan bisa memberikan informasi benar, cepat, akurat dan tepat untuk melawan hoaks tersebut,” paparnya.
 
Idham Azis juga mengintruksikan semua kesatuan di jajaran Polda Metro Jaya, Polres hingga Polsek untuk bersinergi dan bekerja sama dengan pmjnews dalam menginformasikan berita kepada masyarakat. "Khususnya yang berkaitan dengan informasi publik dari kepolisian. Mari kita dukung bersama pmjnews.com untuk berkembang bersama. Menjadi tanggung jawab kita semua agar masyarakat benar-benar mendapat informasi yang benar dan tepat,” ajaknya.
 
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Raden Prabowo Argo Yuwono menyebut pembentukan pmjnews.com sebagai prakarsa Divisi Humas Polda Metro Jaya. Lebih lanjut, ia menjelaskan penggunaan format portal berbasis android akan dapat menopang kinerja Humas Polda Metro Jaya. “Kita harapkan keberadaan media online pmjnews.com ini menjadi suatu cara yang paling tepat dalam penyampaian informasi yang cepat dan akurat kepada masyarakat guna meningkatkan kualitas kinerja suatu satuan kerja,” tuturnya.
 
Upaya Divisi Humas Polda Metro Jaya, menurut Argo, merupakan bagian dari upaya mewujudkan polisi yang profesional, modern dan terpercaya. "Sehingga dapat melayani publik secara prima dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri dari waktu ke waktu," tandasnya.
 
Pembentukan pmjnews.com merupakan salah satu program yang kepolisian untuk merangkai dan menghubungkan informasi dari seluruh jajaran Polda Metro Jaya.  "Kita canangkan, untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat untuk menangkal bahaya hoaks. Saya berharap pmjnews.com bisa terdepan dan terpercaya dan acuan kalau ada hoaks atau pemberitaan miring bisa kita luruskan. Harapannya semua fungsi-fungsi menjadi data, dan di humas punya big data dari Polsek, Polres, Polda. Kita punya data dengan cepat dan terpercaya,” ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya.
 
Sementara itu,  Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Yuliandre Darwis mengatakan pmjnews.com merupakan sebuah platform untuk mendapatkan informasi yang benar serta menangkal hoaks. Menurut Darwis, saat ini segala macam informasi semakin mudah diakses oleh banyak orang, namun arus informasi yang tidak terkontrol membuat opini negatif di masyarakat.
“Sekarang, bukan fakta lagi yang membentuk opini tapi sebaliknya. Oleh sebab itu, sebagai corong terdepan penyebaran informasi yang benar, bidang humas kepolisian harus diberi ruang  yang memang menjadi catatan khusus bagaimana menceritakan atau melembagakan Polda Metro Jaya dalam sebuah substansi yang positif di masyarakat,” tuturnya.
 
Juliandre mengharapkan penyebaran berita hoaks yang terjadi di masyarakat, khususnya di wilayah Polda Metro Jaya, akan dapat menurun dengan kehadiran pmjnews. “Pmjnews harus diisi oleh orang-orang atau personel yang profesional yang menjadi role model bagaimana etika jurnalis saat ini sudah mulai tergerus dengan suasana kepentingan kekuasaan. Oleh sebabnya, dalam bidang jurnalistik dan penyiaran KPI Pusat selaku Lembaga negara mengapresiasi hadirnya pmjnews sebagai bentuk keberimbangan dan semangat bahwa jurnalis memang hidup di tengah-tengah masyarakat dalam kondisi dinamika yang kita pahami saat ini," paparnya.
 
Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo sangat senang dengan kehadiran portal online ini, “Saya menyambut baik hadirnya portal pmjnews.com sebagai portal yang berada dibawah Polda Metro Jaya. Dari pmjnews.com inilah kita harapkan, bisa memberikan informasi yang benar dan terpercaya untuk melawan informasi hoaks. Kita semua prihatin dengan berita hoaks yang beredar luas,” ungkapnya.
 
Plt. Kepala Biro Hubugan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu turut menyampaikan apresiasinya terhadap peluncuran portal berita dan aplikasi pmjnews "Saya ucapkan selamat dan sukses atas peluncuran pmjnews.com, portal dan aplikasi berita yang dikembangkan Bidang humas Polda Metro Jaya dan semoga menjadi rujukan utama informasi kepolisian di Indonesia," ujarnya.
 
Acara launching portal berita pmjnews.com ini dihadiri juga oleh Ketua PWI Pusat Atal Depari, Ketua PWI DKI Endang, serta seluruh jajaran Polda Metro Jaya dan sejumlah perwakilan dari kementrian dan lembaga. (hm.ys)