Upacara HUT RI Ke-72 Di Kota Tebing Tinggi

Upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-72 tahun 2017 di Lapangan Merdeka Kota Tebing Tinggi, kamis (17/8/2017) dengan inspektur upacara Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan, MM dan pembaca teks proklamasi oleh Ketua DPRD M.Yuridho Chap berlangsung dengan baik dan lancar.

Hadir dalam upacara tersebut unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) diantaranya Kapolres, Kajari, Wakil Walikota, Kasdim 0204 DS, Ketua PA, para Wakil Ketua DPRD dan anggota, Pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Legiun Veteran Kota Tebing Tinggi, serta peserta upacara bendera yakni terdiri dari PNS, TNI/Polri, Pelajar dan Organisasi Kepemudaan (OKP) serta masyarakat umum.

Sebelum memasuki detik-detik Proklamasi, kegiatan diisi dengan Drama Kolosal tentang perjuangan Rakyat Indonesia dalam merebut, memperjuangkan dan mempertahankan Kemerdekaan RI dari penjajah yang dimainkan para pelajar dibawah bimbingan Dewan Kesenian Kota Tebing Tinggi, dan menyanyikan lagu-lagu mars perjuangan.

Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih berhasil dilakukan dengan sempurna oleh para anggota Paskibraka Kota Tebing Tinggi pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 72 ini, dengan penerima baki bendera pusaka Neni Triana yang dibantu tiga petugas penggerek bendera masing-masing Bima Lubis, Andian dan Tommy.

Usai upacara di Lapangan Merdeka, para peserta upacara melakukan defile keliling kota Tebing Tinggi yang di awali dengan barisan Paskibraka yang dilepas resmi dari tribun kehormatan oleh Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi yang didampingi Walikota dan Wakil Walikota beserta unsur FKPD.

Dalam acara ramah-tamah Pemerintah Kota Tebing Tinggi dengan para anggota Legiun Veteran dan Dewan Harian Daerah Angkatan 45 (DHD-45) seusai depile dirumah dinas Walikota jl. Dr. Sutomo Tebing Tinggi, Walikota H.Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan bahwa Perayaan 72 tahun Kemerdekaan RI ini mempunyai makna untuk mengingat dan mengenang kembali perjuangan Bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Dan para veteran yang masih ada dan hidup saat ini adalah sumber inspirasi bagi generasi saat ini, dan dituntut untuk bisa mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan yang meletakkan dasar-dasar suatu bangsa yang berdaulat, ujar beliau.

Lebih lanjut Walikota menyampaikan harapannya agar para veteran untuk senantiasa berdoa dan mendoakan para pemimpin di Kota Tebing Tinggi ini dapat menjalankan amanah yang diberikan para pejuang, serta memberikan nasihat maupun saran dari para sepuh yang secara fisik termakan usia tetapi mempunyai semangat yang berkobar-kobar dan layak menjadi contoh supaya Kota Tebing Tinggi bisa lebih maju, modern dan tetap berprestasi.

Pada kesempatan silaturahmi tersebut Pemerintah Kota Tebing Tinggi melalui Walikota memberikan bantuan dana transport dan lainnya kepada para legiun veteran maupun DHD 45.