Buka Bimtek PPID 2023, Kadis Kominfo Harap PPID Berikan Layanan Informasi Yang Lebih Baik

Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar bimbingan teknis (bimtek) Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) di lingkungan pemerintah Kota Tebing Tinggi,  Jumat (09/06/2023) di ruang aula balai kota. 

Bimtek yang dibuka oleh Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S. STP., M.Si mewakili Pj. Wali Kota Tebing Tinggi ini menghadirkan narasumber Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara, Muhammad Safii Sitorus, SH., serta diikuti oleh seluruh PPID pembantu dari seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi.

Dalam sambutannya, Kadis Kominfo yang juga merupakan PPID utama di lingkungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya dalam mendukung dan melaksanakan amanat UU No. 14 tahun 2018 tentang keterbukaan informasi publik. 

Kadis Kominfo mengatakan, tata kelola informasi publik harus dilaksanakan dengan baik, supaya masyarakat merasa lebih tenang dan tidak panik, serta mengantisipasi terjadinya disinformasi.

"Terlebih, saat ini kita telah memasuki tahun politik dalam rangkaian pemilu 2024, jadi melalui PPID, pengelolaan informasi publik serta informasi terkait pemilu 2024 wajib diterbitkan," ucap Kadis Kominfo. 

Oleh karena itu, melalui bimtek ini, Kadis Kominfo berharap tata kelola informasi publik di lingkungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi dapat lebih baik, serta pejabat PPID di lingkungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi juga dapat memberikan layanan informasi yang lebih baik.

"Kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi motivasi positif bagi badan publik untuk terus berbenah diri dalam memberikan layanan informasi publik sesuai standar layanan informasi publik, dan juga kepada OPD yang belum maksimal dalam implementasi keterbukaan informasi publik saya minta lekas berbenah dan untuk OPD yang sudah pada kategori sangat baik tetap mempertahankan tata kelola informasi publiknya secara optimal," ucap Kadis Kominfo.

Sebelumnya, Kepala Bidang Komunikasi Diskominfo Iswan Suhendi, S. STP. , M.Si. dalam laporannya menyampaikan tujuan pelaksanaan bimtek adalah untuk memberikan pemahaman    kepada PPID utama dan PPID pembantu di lingkungan pemerintah Kota Tebing Tinggi tentang substansi keterbukaan informasi publik dan pelaksanaannya melalui PPID dilingkungan pemerintah Kota Tebing Tinggi.