Kejurda Wushu Sanda Sumut Tahun 2023 di Kota Tebing Tinggi Resmi Dibuka, Kadispora Provinsi Sumut Apresiasi Pemko dan Pengcab Wushu Kota Tebing Tinggi

Pembukaan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Wushu Sanda Sumatera Utara (Sumut) tahun 2023 di Kota Tebing Tinggi secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Sumatera Utara H. Baharuddin Siagian, S.H., M.Si. mewakili Penjabat (Pj.) Gubernur Sumut Mayjen TNI (Purn) Hassanudin, Kamis (02/11/2023) di GOR Asber Nasution, Jl. Gunung Leuser BP7.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar)  Kota Tebing Tinggi Syahdama Yanto AP mewakili Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si., Kabag Log Polres Kompol P. Pangaribuan, Danramil 13/ TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, Hakim PN M. Ikhsan, S.H., dan Sekretaris Koni Tebing Tinggi Abdullah Sani Hasibuan.

Dalam kesempatan tersebut, Kadispora Provsu mengapresiasi Pemko Tebing Tinggi dan Ketua Pengcab Wushu Kota Tebing Tinggi atas terlaksananya kegiatan Kejurda Wushu Sanda Sumut 2023 di Kota Tebing Tinggi.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ketua Pengcab Wushu Kota Tebing Tinggi dan Pemko Tebing Tinggi, atas kegiatan yang dilaksanakan pada pagi hari ini. Event ini merupakan ajang seleksi degradasi maupun promosi menjadi atlit PON XXI tahun 2024 di Sumut-Aceh,” ujar Kadispora Provinsi Sumut dalam sambutan. 

Diterangkan Kadispora Provsu, olahraga Wushu menjadi salah satu andalan Provinsi Sumatera Utara, dimana pada PON XX tahun 2021 lalu, cabang olahraga Wushu Provinsi Sumut berhasil meraih 5 medali emas, 5 medali perak dan 5 medali perunggu.

“Luar biasa dalam 1 cabang olahraga, jika itu mendapat 5 medali emas, itu sudah hebat sekali. Maka Wushu Sumut menjadi perhatian bagi Wushu Indonesia,” kata Kadispora Provsu.

Untuk itu, Kadispora Provsu berharap kepada atlit yang mengikuti Kejurda ini, agar sungguh-sungguh dan benar menggeluti cabang olahraga Wushu ini, dengan berlatih sebaik-baiknya. 

“Bahwa atlit tidak hanya menjadi pengabdian semata, namun juga bisa menjadi tempat penghasilan. Kalau mau jadi atlit Wushu berprestasi, berlatih sebaik-baiknya, ikuti arahan dengan baik dari coach (pelatih),” terang Kadispora Provsu.

Diakhir sambutan, Kadispora Provinsi Sumut menyematkan pesan Pj. Gubernur Sumut bagi pelajar, agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, terkhususnya para atlit. 

“Ini menjadi tantangan dan menjadi perhatian bersama. Semoga apa yang kita kerjakan ini mendapat pahala sebanding disisi Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT dan kita diberi kekuatan kemampuan di bidang tugas kita masing-masing. Dengan mengucap Bismilliahirahnirohim, Kejurda Wushu Sumut untuk Pra Junior, Junior dan Senior tahun 2023, secara resmi saya nyatakan dimulai,” tutup Kadispora Provsu. 

Sebelumnya, Kadisporapar Kota Tebing Tinggi Syahdama Yanto AP., yang pada kesempatan itu mewakili Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pj. Gubernur Sumut dan Wushu Sumut yang telah memberikan kepercayaan kepada Wushu Kota Tebing Tinggi sebagai tuan rumah pelaksanaan Kejurda Wushu Sanda Sumut tahun 2023. Seraya berharap, agar event-event Kejurda kedepan, semakin banyak dilaksanakan di Kota Tebing Tinggi.

“Kami siap memfasilitasi ini. Karena memang secara langsung maupun tak langsung, tentu ini sangat membantu Kota Tebing Tinggi, ekonomi Kota Tebing Tinggi akan menggeliat dan tumbuh. Maaf bila ada hal kurang berkenan, demikian dan terimakasih,” demikian ujar Kadisporapar Kota Tebing Tinggi. 

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Wushu Indonesia Sumut Darsen Song, mengungkapkan bahwa melalui Kejurda kali ini, atlit masih memiliki peluang untuk masuk dalam PON XXI Sumut-Aceh, mengingat batas akhir pada bulan Desember 2023, yang mana pihaknya masih melakukan promosi dan degradasi. 

“Sehingga kami cukup serius memperhatikan Kejurda di Kota Tebing Tinggi ini sebagai ajang seleksi akhir untuk pembentukan tim Wushu Sanda Sumut,” ungkapnya.

Ketua Wushu Tebing Tinggi Anthony selaku Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan, sebanyak 15 kabupaten/kota mengikuti Kejurda ini, dengan jumlah 97 atlit dan 37 official yang terdiri dari 3 kategori, yaitu Pra Junior, Junior dan Senior. 

“Tidak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada Pengprov Sumut yang mempercayakan Kota Tebing Tinggi sebagai tempat pelaksanaan Kejurda Wushu Sanda Sumut. Terimakasih juga atas support Pj. Gubernur, Kadispora Provsu dan Pj. Wali Kota Tebing Tinggi sehingga Kejurda Wushu Sumut ini boleh berjalan,” tutup Ketua Panitia.

Kejurda berlangsung sejak 31 Oktober 2023 hingga nantinya berakhir pada 04 November 2023. Adapun 15 kabupaten/kota yang ikut berpartisipasi dalam Kejurda kali ini, yakni Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Toba, Kabupaten Karo, Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Samosir, Kabupaten Nias, Kabupaten Asahan, Kota Gunung Sitoli, Kota Pematang Siantar dan Kota Medan serta tuan rumah Kota Tebing Tinggi.