Penjabat Wali Kota Tebing Tinggi Ikuti Zoom Rakor Pengendalian Inflasi

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. bersama pimpinan OPD terkait dan tim pengendali inflasi daerah  Kota Tebing Tinggi mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi daerah secara virtual (zoom), Senin (24/7/2023) di ruang kerja Wali Kota Gedung Balai Kota.

Rakor yang turut diikuti oleh seluruh Kepala Daerah se-Indonesia, baik Gubernur, Wali Kota dan Bupati dari wilayah kerja masing-masing ini dipimpin Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemendagri RI Suhajar Diantoro, 

Sekjen Kemendagri dalam laporannya mengatakan bahwa Indonesia saat ini berada di angka kendali inflasi ke tiga bersama Amerika serikat, Brazil, Rusia dan Jepang. Hanya kelima negara tersebut yang mampu bertahan di poin 3 untuk inflasi ini.

"Kami ucapkan terimakasih kepada kawan-kawan atas kerja keras seluruhnya baik kawan-kawan di pusat maupun kawan-kawan di daerah yang terus berusaha mengendalikan inflasi mulai dari Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kecamatan atau Kepala Desa yang selalu kontrol-kontrol pasar sehingga kita diposisi angka 3 bersama empat negara lain," kata Sekjen Kemendagri.

Lanjut ujar Sekjen Kemendagri, minggu ke 3 bulan Juli, komoditi bawang putih mengalami kenaikan di sejumlah Kabupaten/ Kota, minggu lalu bawang putih tercatat naik di 83 Kab/Kota. Namun diminggu ke tiga ini naik menjadi 89 Kabupaten/ Kota.

"Jadi ada enam Kabupaten/ Kota tambahan yang diminggu lalu bawang putih terkendali namun diminggu ini naik menjadi 89 Kabupaten/ Kota," jelas Sekjen Kemendagri.

Sementara untuk Indeks perkembangan harga bahan pangan, minggu ke 3 bulan juli yang mengalami kenaikan ini antara lain, cabai merah di 158 Kabupaten/ Kota, daging ayam ras 94 Kabupaten/ Kota dan bawang putih 89 Kabupaten/ Kota.
"Untuk daerah-daerah produksi harus menjadi perhatian bersama misalnya daerah penghasil telur untuk terus dimonitoring" tegas Sekjen Kemendagri.

Menurut Sekjen Kemendagri, bahwa inflasi ini adalah untuk menjaga kestabilan harga, dimana untuk harga jual dapat menguntungkan petani tetapi harga beli mampu ditopang oleh daya beli konsumen.

Untuk data inflasi di Kota Tebing Tinggi, berdasarkan BPS Kota Tebing Tinggi, IHK (Indeks Harga Konsumen) Kota Tebing Tinggi mengikuti IHK Kota Pematang Siantar.

Yang mana pada bulan Juni 2023, tingkat inflasi Kota Pematang Siantar bulan ke bulan (m to m) sebesar 0,52 persen sementara inflasi tahun ke tahun (y to y) sebesar 3,10 persen.

Turut hadir secara virtual,  Ipda. R. Saragih mewakili Kapolres, Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Zahidin, S.Pd., M.Pd., Kadis Ketapang dan Pertanian Marimbun Marpaung, SP., M.Si., Kadishub M. Guntur Harahap, S.STP., M.Si., Kepala BPS Ir. Ida Suswati, M.Si., Kabag Perekonomian dan SDA Ir. Nasrullah, perwakilan instansi tekait dan tim peliputan Diskominfo.