Peringati HKN Ke-59, Pemko Tebing Tinggi Gelar Jalan Sehat

Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 tahun 2023, yang diperingati setiap tanggal 12 November, Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Dinas Kesehatan menggelar Jalan Sehat dengan rute Puskesmas Rambung-Jalan Abdul Hamid-Jalan Syech Beringin-Jalan Cahaya-Jalan Bhayangkara, kembali ke Jalan Abdul Hamid dan berakhir di Puskesmas Rambung, Jumat (24/11/2023).

Tampak hadir mengikuti kegiatan jalan sehat, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si., Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., Plt. Asisten Administrasi dan Umum M. Syah Irwan, S.KM., M.Kes., Camat dan Lurah atau mewakili, dan Ketua DW Kota Ny. Hj. Ummi Kalsum Saragi Mursyid, Str.Keb.

Seusai pelaksanaan jalan sehat, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si., membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin, yang menekankan enam pilar transformasi kesehatan yang merupakan penopang sistem kesehatan Indonesia yang harus dibangun serius dan terus menerus.

"Adapun enam pilar tersebut yaitu pilar layanan primer, pilar layanan transformasi rujukan, pilar layanan tranformasi sistem layanan ketahanan kesehatan, pilar layanan transformasi pembiayaan Kesehatan, pilar layanan transformasi sumber daya manusia kesehatan, dan pilar layanan transformasi teknologi Kesehatan," kata Pj. Wali Kota di Puskesmas Rambung Jl. Abdul Hamid, Kec. Padang Hilir.

Menurut Menkes RI, Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju adalah upaya untuk meningkatkan kualitas layanan Kesehatan di Indonesia, sehingga dapat mewujudkan Masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Seusai membacakan sambutan Menkes RI, Pj. Wali kota tak lupa memberikan ucapan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan pada hari ini, bisa menambah semangat, memperkuat kegiatan kita dalam rangka menjaga dan memelihara kesehatan di Kota Tebing Tinggi,” demikian disampaikan Pj. Wali Kota.

Sebelumnya, Plt. Kadis Kesehatan dr. Henny Sri Hartati berharap melalui peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-59, pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik dengan hasil yang dicapai.

“Kami berharap dapat terus melakukan perbaikan dan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat Kota Tebing Tinggi,” ujar Plt. Kadis Kesehatan.

Dalam rangkaian acara, juga turut dilakukan lomba senam, pemberian hadiah bagi pemenang lomba senam, pengundian lucky draw dan berfoto bersama.

Turut hadir dan mengikuti rangkaian kegiatan, tamu undangan, Bidan masyarakat lingkungan Kec. Padang Hilir dan tim peliputan Diskominfo.