Peringati HUT Koperasi Nasional Ke-76 Tahun, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Harap Geliat Ekonomi Semakin Lebih Baik

Memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Koperasi ke 76 tahun dengan tema "Kemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat", dengan tagline "Bangga Berkoperasi, Indonesia Maju", Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. berharap geliat ekonomi, khususnya di Kota Tebing Tinggi semakin lebih baik. 

Hal tersebut disampaikan Pj. Wali Kota seusai membacakan kata sambutan dari Menteri Koperasi dan UKM Drs. Teten Masduki, di gedung Hj. Shawiyah, Jumat (21/07/2023). 

"Pemerintah Kota Tebing Tinggi mengharapkan geliat ekonomi menjadi semakin lebih baik di semua sektor termasuk dukungan dari Dinas Koperasi dan UKM provinsi Sumatera Utara dan dukungan masyarakat bisa benar memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan bisa menjadi tolok ukur terpenting dari ekonomi nasional," harap Pj. Wali Kota.

Terlebih ditambahkan Pj. Wali Kota, Kota Tebing Tinggi telah menggerakkan sektor jasa dan perdagangan sebagai unggulan bagi peningkatan kualitas ekonomi masyarakat, termasuk sumber bagi pendapatan.

Disampaikan Kadis Koperasi dan UKM provinsi Sumatera Utara melalui Kabid Kelembagaan Drs. Unggul Sitanggang, M.Si, dengan menyatukan kepentingan dibawah koperasi, efisiensi kolektif dapat dilakukan, posisi tawar terhadap pasar dapat ditingkatkan serta konsolidasi sumberdaya untuk berbagai usaha dapat diselenggarakan.

Dikatakan Unggul Sitanggang, berdasarkan ODS (Online Data System) data koperasi di Kota Tebing Tinggi sebanyak 253 unit, aktif 65 unit dan tidak aktif 188 unit. 

"Binaan nasional sebanyak 3 unit, yang mana aktif 2 unit tidak aktif 1 unit.  Binaan provinsi sebanyak 21 unit, aktif 20 unit tidak aktif 1 unit. Dan binaan Kota Tebing Tinggi sebanyak 229 unit, aktif 43 unit tidak aktif 186 unit," urainya.

Sejalan hal itu, untuk memajukan koperasi di Indonesia dibutuhkan landasan hukum yang kuat sebagai pegangan bagi semua pihak, pemerintah, masyarakat, aparat penegak hukum dan pihak-pihak lainnya. 

"Sehingga saat ini Kementerian Koperasi UKM tengah menyusun RUU Perkoperasian sebagai pengganti UU No. 25 tahun 1992 tentang perkoperasian. Kita berharap koperasi mampu menjawab tantangan zaman dan memiliki daya saing dan daya sanding yang besar," ujar Kabid Kelembagaan.

"Terimakasih. Semoga koperasi menjadi sokong perekonomian di Kota Tebing Tinggi dan semoga Indoensia Maju," tutup Kabid Kelembagaan.

Dalam laporan yang disampaikan Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Zahidin, S.Pd, M.Pd., acara ini bertujuan untuk memajukan dan menjalin silaturahmi kepada para penggerak koperasi yang ada di Kota Tebing Tinggi.

"Dan meningkatkan kerjasama, sinergitas menciptakan daya saing koperasi yang unggul," ujar Zahidin, S.Pd., M.Pd.

Acara dirangkai dengan pemberian hadiah kepada koperasi berprestasi di tingkat Kota Tebing Tinggi, dilanjutkan penyerahan sertfikat halal kepada pelaku usaha UMKM, penyerahan sertifikat Nomor Induk Koperasi Kota Tebing Tinggi dan diakhiri berfoto bersama.

Turut hadir Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, S.H., M.H., Wakapolres Kompol. Asrul Robert Sembiring, S.H., M.H., Danramil 13/ TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, Ketua PA atau mewakili, Hakim M. Ikhsan, S.H. mewakili Ketua PN, Kadis P3APM Dra. Sri Wahyuni, M.Si., tamu undangan serta tim peliputan Diskominfo.