Pj. Sekda Kamlan Mursyid Himbau OPD Tingkatkan Peran Wujudkan Kota Tebing Tinggi Sehat

Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H.,M.M. menghimbau setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk meningkatkan perannya dalam mewujudkan Kota Tebing Tinggi sebagai kota yang aman, nyaman, bersih dan sehat.

"Untuk dapat mewujudkan kondisi ini, masing-masing organisasi perangkat daerah supaya bekerja secara maksimal sesuai dengan tupoksi opd masing-masing", ujar Pj. Sekda dalam arahannya saat membuka rapat penguatan Tim Pembina dan Lembaga Forum Kota Sehat tahun 2023, Kamis (19/10/2023) di aula Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi, Jalan Gunung Leuser. 

Sebelumnya, Pj. Sekda menjelaskan bahwa pencapaian Kota Sehat Kota Tebing Tinggi merupakan suatu proses yang berjalan secara terus menerus dengan menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan, baik fisik maupun sosial budaya serta mengembangkan potensi ekonomi dengan cara memberdayakan masyarakat.

Pj. Sekda berharap setiap OPD dapat meningkatkan perannya dalam melaksanakan 9 (sembilan) indikator tatanan kabupaten/ kota sehat, yakni masyarakat mandiri yang sehat, permukiman dan fasilitas umum, satuan pendidikan, pasar, serta perkantoran dan industri. Kemudian pariwisata, ketertiban transportasi dan lalu lintas, perlindungan sosial, dan penanggulangan bencana.

"Melalui peran masing-masing organisasi perangkat daerah yang dimonitoring oleh forum kota sehat kota Tebing Tinggi. Dan landasan operasional kabupaten/kota sehat yaitu Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan menteri kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan nomor 1138/MENKES/PB/VIII/2005," ujar Pj. Sekda.

Selain hal tersebut, Open Defecation free (odf) atau stop buang air besar sembarangan menjadi salah satu perhatian penting Pj. Sekda dalam Kota Sehat.

"Dari 35 Kelurahan yang ada di kota Tebing Tinggi, Baru 10 Kelurahan yang menyatakan deklarasi odf, yaitu Kelurahan Bagelen, Tebing Tinggi, Padang Merbau, Pabatu, Lubuk Baru, Teluk Karang, Pinang Mancung, Pelita, dan 2 kelurahan dalam proses, yaitu Kelurahan Tanjung Marulak dan Karya Jaya," ungkap Pj. Sekda.

Turut serta hadir dalam kegiatan tersebut, Plt. Kadis Kesehatan Kota Tebing Tinggi Dr. Henny Sri Hartati, Dedi A. Lubis selaku narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, para Pimpinan OPD/ yang mewakili, para Camat dan Lurah se- Kota Tebing Tinggi, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Forum Kota sehat, dan petugas Sanitarian Puskesmas se-Kota Tebing Tinggi.