Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Bersama Danramil 13/TT dan TPID Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. bersama Danramil 13/TT Kapt. Inf. Yudi Chandra dan TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) kembali mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah yang rutin dilaksanakan setiap minggunya, di ruang Kerja lantai 4 gedung Balai Kota Jl. Dr. Sutomo, Senin (20/11/2023). 

Rakornas yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI bersama dengan sejumlah Kementerian RI seperti Kementerian Sosial, Kemenaker, Kemendes tersebut, diikuti oleh Kepala Daerah, Gubernur, Bupati, Wali Kota dan TPID di daerah masing-masing. 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Jend.Pol.(Purn.) Prof. Dr. H. Muhammad Tito Karnavian dalam arahannya, meminta para kepala daerah diseluruh Indonesia untuk melakukan optimalisasi APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) untuk mengendalikan inflasi yang terjadi di daerah.

"Solusi dalam penanganan inflasi dibutuhkan dukungan dan langkah-langkah strategis dari seluruh instansi pusat hingga daerah,” kata Mendagri RI. 

Pada kesempatan tersebut, Mendagri RI menyampaikan bahwa sesuai data yang telah dirilis BPS pada 1 November lalu, terjadi kenaikan inflasi dibanding bulan lalu.

“Inflasi Oktober yang sudah dirilis pada 1 November lalu adalah angka year on yearnya 2,56 persen, jadi kenaikan dibanding bulan lalu year on yearnya 2,8 persen,” ulas Mendagri RI.

Untuk itu, Mendagri RI berharap semoga pemerintah dapat terus mengendalikan inflasi yang terjadi hingga saat ini.

“Semoga melalui upaya pengendalian inflasi yang terus digencarkan TPID Provinsi dan Kabupaten/Kota, Inflasi di Indonesia terutama di daerah-daerah dapat terus dikendalikan,” tutup Mendagri RI. 

Untuk diketahui, data inflasi di Kota Tebing Tinggi, berdasarkan BPS Kota Tebing Tinggi, IHK (Indeks Harga Konsumen) Kota Tebing Tinggi mengikuti IHK Kota Pematang Siantar.

Pada bulan Oktober 2023, tingkat inflasi Kota Pematang Siantar bulan ke bulan (m to m) sebesar 1,35 persen. Sementara inflasi tahun ke tahun (y to y) sebesar 2,9 persen.

Turut hadir mendampingi Pj. Wali Kota, Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Zahidin, S.Pd., M.Pd., Kadis Ketapang dan Pertanian Marimbun Marpaung, SP., M.Si., Kadishub Manahan Guntur Harahap, S.STP., M.Si.

Selanjutnya, Kepala BPKPD Sri Imbang Jaya Putra, AP., M.SP., Kadis Sosial Drs. Khairil Anwar, M.Si., Kabag Pemerintahan Ramadhan Barqah Pulungan, S.IP., M.Si., perwakilan BPS dan instansi terkait serta tim peliputan Diskominfo.