Suasana Penuh Keakraban Warnai Pisah Sambut Ketua Pa Kota Tebing Tinggi

Seusai dilangsungkan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sekaligus serah terima jabatan beberapa waktu lalu, tepatnya pada hari Kamis (09/03/2023) di aula PTA Medan, Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi dan Pengadilan Agama (PA) Kota Tebing Tinggi menggelar acara Pisah Sambut Ketua PA Kota Tebing Tinggi, dari Dr. Hj. Devi Oktari, S.HI., M.H. kepada Ketua PA Kota Tebing Tinggi yang baru, Ridwan Harahap, S.H., M.H., Jumat malam, (17/03/2023) bertempat di Pondok Bagelen, Jln. Deblod Sundoro.

Acara yang berlangsung dengan suasana penuh keakraban dan kebersamaan tersebut turut dihadiri Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP., Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, S.H., M.H., Kapolres AKBP. Muhammad Kunto Wibisono, S.H., S.Ik., M.Si. dan Sekretaris PN Tegen Maharaja, S.Kom., S.H.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota mengungkapkan dan mengapresiasi kinerja Ketua PA yang lama, Dr. Hj. Devi Oktari, S.HI., M.H., dengan adanya kolaborasi yang baik antara Pemko Tebing Tinggi, PA dan stakeholder terkait. Selain itu, Pj. Wali Kota juga mengapresiasi kepemimpinan Dr. Hj. Devi Oktari dengan adanya inovasi dan kreasi, seperti sidang Isbat Nikah Terpadu.

"Kita di Kota Tebing Tinggi ini selalu kompak, saling bahu-membahu bekerjasama dan saya meminta kerjasama dengan Pengadilan Agama agar bisa ditingkatkan, dimana sudah cukup baik selama ini, ada trisula antara pemko, PA dan Kemenag serta didukung BSI. Itu ada kita buat program sidang isbat nikah. Selesai nikah, keluar buku nikah dan administrasi selesai, kita lakukan di MPP," ungkap Pj. Wali Kota.

Kepada Ridwan Harahap selaku Ketua PA yang baru, Pj. Wali Kota meminta agar meneruskan apa yang telah dilakukan Ketua PA yang lama dan meningkatkan lebih baik lagi kinerja dari Pengadilan Agama Kota Tebing Tinggi.

"Selamat bertugas kepada Ibu Devi di Kota Tanjung Balai dan kepada Bapak Ridwan, selamat datang selamat bertugas dan menjalin sinergitas bersama Pemko, DPRD maupun bersama Forkopimda dan stakeholder lainnya,"

"Menjelang Ramadhan, saya pribadi bersama keluarga memohon maaf lahir batin. InsyaAllah kita bisa menjalani bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya," demikian Pj. Wali Kota.

Ketua DPRD dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dr. Hj. Devi Oktari, S.HI., M.H., dimana selama menjabat sebagai Ketua PA Tebing Tinggi telah cukup baik berkolaborasi bersinergi dengan Pemko Tebing Tinggi.

"Kepada Ketua PA yang baru, kami ucapkan selamat datang. Tentu karena orang Tebing Tinggi, Bapak Ridwan pasti punya spirit, semangat yang luar biasa untuk memberi yang terbaik bagi Kota Tebing Tinggi. Kami dari DPRD bersama Forkopimda pasti siap bersinergi dengan Pengadilan Agama," pungkas Ketua DPRD  

Sementara itu, Ketua PA Kota Tebing Tinggi yang lama, Dr. Hj. Devi Oktari, S.HI., M.H., menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa syukur selama menjabat di Kota Tebing Tinggi.

"Saya merasa bersyukur dengan keberadaan saya di Kota Tebing Tinggi. Setiap kegiatan yang ada, Pengadilan Agama selalu dilibatkan dan saya senantiasa hadir kecuali saya tidak berada di tempat atau saya sakit," kata Dr. Hj. Devi Oktari, S.HI., M.H.

Permohonan maaf turut disematkan Dr. Hj. Devi Oktari, S.HI., M.H. seraya berharap kepada Ketua PA yang baru agar bisa melanjutkan atau bahkan lebih baik kedepan atas apa yang selama ini diprogramkan dan dikerjakan.

"Mungkin ada perkataan kurang berkenan, saya mohon maaf dan selama saya disini mungkin ada yang tidak diharapkan, mungkin ada sebuah keinginan atau pekerjaan mungkin diluar ekspektasi, namun saya sudah berusaha semaksinal mungkin,"

"Dan kepada Bapak Ridwan, saya titip kedepan apa yang bisa dilanjutkan atau lebih baik lagi kedepan," demikian Dr. Hj. Devi Oktari, S.HI., M.H.

Ketua PA Kota Tebing Tinggi yang baru, Ridwan Harahap, S.H., M.H. mengungkapkan bahwa dirinya tidak menyangka di tugaskan di Kota Tebing Tinggi.

"Kota Tebing Tinggi ini sebetulnya tidak asing bagi saya, banyak kenangan saya di Kota Tebing Tinggi. Saya tidak menyangka dipindahkan di Kota Tebing Tinggi, kota yang sudah sebagian membesarkan saya, ini merupakan berkah dari Allah SWT. Pas saya pindah, saya bisa ziarah ke makam orang tua saya," ungkap Ridwan Harahap, S.H., M.H.

Ketua PA Kota Tebing Tinggi, Ridwan Harahap juga berharap dapat diterima dengan baik di Kota Tebing Tinggi serta dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Tebing Tinggi.

"Mudah-mudahan kami sebagai Ketua PA yang baru bisa diterima dengan baik dan bisa menirukan apa yang dibuat Ibu Devi dan bisa bekerja sama dengan Pemko Tebing Tinggi dalam rangka memberikan pelayanan bagi masyarakat Kota Tebing Tinggi dalam hal tupoksi kami sebagai Pengadilan Agama," tutup Ridwan Harahap, S.H., M.H.

Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata kepada Ketua PA yang lama Dr. Hj. Devi Oktari, S.HI., M.H. dan pemberian pakaian adat ulos penyambutan kepada Ketua PA yang baru Ridwan Harahap, S.H., M.H. oleh Pj. Wali Kota bersama Forkopimda serta diakhiri berfoto bersama.

Turut dihadiri Danramil 13/TT atau mewakili, Danyon B Sat Brimob Poldasu atau mewakili, Dansub Denpom I/1 atau mewalili, Kalapas atau mewakili, perwakilan Kepala OPD dan tamu undangan.