Hadiri Sosialisasi dan Pentauliahan UPZ, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Tekankan Sosialisasi dan Edukasi Zakat

Menghadiri sosialisasi dan pentauliahan (pelantikan) UPZ (Unit Pengumpul Zakat), Senin (03/04/2023) bertempat di Masjid Raya Nur Addin Jln. MT. Haryono, Penjabat (Pj). Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP. menekankan kepada para UPZ agar menggiatkan sosialisasi dan edukasi zakat kepada masyarakat Muslim Kota Tebing Tinggi.

Hal ini dikatakan Pj. Wali Kota mengingat para UPZ bertugas langsung di masjid tempat domisili mereka, yang mana hal ini memudahkan para UPZ dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penghitungan zakat.

Lebih lanjut ujar Pj. Wali Kota, disamping tugas dari para UPZ untuk mengumpulkan zakat fitrah, zakat penghasilan dan zakat harta, agar juga melakukan inventarisir data para mustahiq.

“Selain itu, dalam rangka pendistribusian, agar memiliki integritas dalam menyalurkan zakat ke para mustahiq, benar dan objektif. Kiranya para UPZ ini merupakan orang yang berintegritas, memiliki kompetensi dan semua program sesuai ketentuan dan laporan itu juga sangat penting,” ujar Pj. Wali Kota.  

Melalui sosialisasi dan pentauliahan para UPZ ini, Kakan Kemenag Kota Tebing Tinggi Dr. H. Muhammad David Saragih, S.Ag. berharap pengumpulan dan pendistribusian zakat dapat terlaksana dengan baik.

”Alhamdulillah kita tadi telah bersama menyaksikan pentauliahan dari masing-masing masjid. Saya yakin para UPZ ini merupakan orang yang profesional dalam penyaluran, penerimaan dan pengadministrasian zakat tersebut. Mudah-mudahan dapat melaksanakan pengumpulan dan pendistribusian dengan baik,” ujar Kakan Kemenag Kota Tebing Tinggi.

Ucapan terimakasih dan apresiasi turut disampaikan Kakan Kemenag kepada Pj. Wali Kota Tebing Tinggi atas bimbingan dan arahan dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di Kota Tebing Tinggi.

“Dan kepada Baznas Kota Tebing Tinggi, yang telah membuat pentauliahan, artinya membuat tanggungjawab kepada anggota kita. Dan kepada para UPZ, kami mengucapkan selamat bertugas dan senantiasa sehat dan dilindungi Allah SWT,” pungkas Kakan Kemenag Kota.

Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Tebing Tinggi H. Khuzamri Amar, S.E. mengatakan kepada para UPZ, bahwa dalam melaksanakan tugas, pokok dan fungsinya, UPZ dilindungi oleh aturan dan ketentuan hukum yang berlaku. Oleh karena itu Ketua Baznaz meminta kepada para UPZ agar dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Ketua Baznas juga meminta kepada para UPZ, setelah Syawal, agar segera memberikan laporan, menginput besaran zakat secara Kota Tebing Tinggi seluruhnya dan juga secara nasional.

“Hal Ini menjadi potensi zakat yang bisa dihitung nantinya. Dan kiranya, laporan dan data yang ada benar valid dan tepat sasaran. Harapan kami dengan tauliahan ini, kita dapat bekerja dengan baik dan benar,” tutup Ketua Baznas Kota tebing Tinggi.

Acara dirangkai dengan pentauliahan UPZ, penyerahan SK dan berfoto bersama.  Adapun pentauliahan gelombang ke 2 ini dilaksanakan kepada 480 orang UPZ dalam lingkup masjid, mushola di 5 Kecamatan yang ada di Kota Tebing Tinggi. 

Turut hadir, Kabag Kesra Setdako Aidil, S.E, M.Si., unsur Komisioner Baznas Kota Tebing Tinggi dan tamu undangan.